Ulasan Tentang Hewan Mamalia Lengkap dengan Contohnya

Siti Nur Aeni
14 Desember 2021, 10:46
Ulasan Tentang Hewan Mamalia Lengkap dengan Contohnya
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/rwa.
Gajah, salah satu hewan mamalia yang terancam punah.

Hewan mamalia menjadi salah satu kelompok dalam kingdom animalia. Secara definisi, mamalia bisa diartikan sebagai hewan yang menyusui, sebab ciri khas dari kelompok ini yaitu memiliki kelenjar susu.

Menurut keterangan di jurnal Biocelebes 12(3), hewan mamalia adalah kelompok hewan vertebrata yang mempunyai kelenjar mamae. Sementara itu dalam “Modul Ajar Taksonolo Vertebrata” oleh Rahmadina, M.Pd. dari UIN Sumatera Utara, mamalia juga diartikan sebagai hewan vertebrata yang memiliki sifat homoetherm atau berdarah panas.

Advertisement

Mamalia menjadi kelompok yang penting dalam memelihara dan mempertahankan keberlangsungan proses ekologis. Kelompok mamalia tersebar di berbagai tempat mulai dari laut, sepanjang garis pantai, danau, sungai, bawah tanah, di atas tanah, pepohonan, bahkan di udara. Meskipun demikian, kelompok memiliki risiko kepunahan paling tinggi.

Ciri Ciri Hewan Mamalia

Kelompok mamalia memiliki ciri khusus yang berbeda dibandingkan kelompok hewan vertebrata lainnya. Mengutip dari “Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, berikut ciri ciri hewan mamalia yang perlu diketahui:  

  1. Mempunyai kelenjar susu.
  2. Bernapas menggunakan paru-paru.
  3. Berdarah panas atau homoioterm karena suhu tubuhnya tetap dan tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan.
  4. Berkembang biak dengan cara melahirkan, namun ada juga yang bertelur.
  5. Pada pemukaan tubuh terdapat rambut.
  6. Umumnya hidup di darat, namun ada juga yang hidup di air.

Jenis Hewan Mamalia

Menurut penjelasan di “Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, jenis hewan mamalia terbagi menjadi 12 ordo. Berikut uraian lengkapnya.

  1. Monotremata yaitu mamalia yang bertelur. Contohnya platypus.
  2. Insectivora yaitu mamalia kecil yang memakan serangga. Contohnya celurut dan tupai cokelat kecil.
  3. Marsupialia yaitu mamalia yang memiliki kantong. Contoh hewan vertebrata ini yaitu kanguru, koala, dan kuskus.
  4. Rodentia merupakan mamalia pengerat yang memiliki gigi seri seperti pahat dan bisa tumbuh terus menerus. Contohnya, marmot, landak, dan bajing.
  5. Chrioptera yaitu hewan mamalia yang dapat terbang. Contohnya kelelawar.
  6. Pholidota yaitu mamalia yang tidak memiliki gigi, tubuhnya dibungkus sisik dari zat tanduk dan rambut, serta memiliki lidah kecil dan panjang. Contohnya trenggiling.
  7. Carnivora merupakan mamalia yang memakan daging. Mamalia ini mempunyai gigi kuat serta taring besar dan tajam. Contohnya harimau, singa, dan anjing laut.
  8. Catacea yaitu mamalia yang tubuhnya seperti ikan dan hidup di air. Mamalia ini memiliki kaki depan yang dimodifikasi sehingga mirip dayung dan tidak memiliki kaki belakang. Contohnya lumba-lumba hidung botol, paus biru, dan paus pembunuh.
  9. Proboscidea merupakan mamalia yang memiliki belalai. Contohnya gajah.
  10. Sirenia adalah mamalia herbivora akuatik yang memiliki tungkai depan seperti sirip. Kelompok ini tidak memiliki kaki belakang. Ekornya besar dan pilih horizontal. Contohnya yaitu duyung.
  11. Ungulata merupakan hewan vertebrata yang berkuku. Contohnya rusa sambar, jerapah, badak, kuda, tapir, dan kuda nil.
  12. Primata adalah jenis mamalia yang matanya menghadap ke arah depan. Contohnya beruk, orang utan, dan lutung jawa.

Contoh Hewan Mamalia

Agar lebih jelas, berikut ini kami berikan uraian contoh hewan mamalia dari beberapa ordo.

1. Platypus

Platypus merupakan hewan mamalia dari ordo monotremata atau mamalia yang bertelur. Platypus merupakan hewan semi akuatik yang banyak ditemukan di Benua Australia. Platypus merupakan mamalia yang termasuk dalam kelompok hewan ovovivipar.

Hewan ini umumnya berkembang biak dengan cara bertelur seperti kelompok burung. Namun platypus memiliki kelenjar susu seperti mamalia yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan.

Maka dari itu, para ahli memasukan platypus sebagai kelompok hewan ovovivipar. Hewan ini juga dikenal sebagai hewan peralihan dari evolusi yang terjadi di kelas burung ke mamalia.

2. Tupai cokelat kecil

Contoh hewan mamalia lainnya yaitu tupai. Hewan ini menjadi bagian dari ordo insectivora yaitu mamalia kecil yang memakan serangga. Tupai cokelat dikenal juga dengan nama tupai kekes.

Menurut penjelasan di Jurnal Hutan Lestari 5(1), tupai kekes memiliki tubuh berwarna cokelat dengan bintik bungalan dan garis tengah berwarna hiyam di setenag bagian depan tubuhnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement