Kemendag Uji Coba Subsidi Minyak Goreng Setelah Harga Melonjak

Rizky Alika
30 Desember 2021, 20:34
minyak goreng, harga minyak goreng
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/tom.
Ilustrasi. Pemerintah telah menggelontorkan stok 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu per liter.

Kementerian Perdagangan tengah menguji coba subsidi pada minyak goreng curah. Hal ini dilakukan menyusul terus meningkatnya harga minyak goreng dalam beberapa bulan terakhir.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, subsidi tersebut menggunakan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Kebijakan tersebut juga didiskusikan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Kami akan memberi subsidi dari BPDPKS. Sedang dalam proses karena kami sudah uji coba mekanisme subsidi," kata Lutfi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (30/12).

Ia menjelaskan, upaya menurunkan harga minyak goreng juga dilakukan melalui operasi pasar. Pemerintah telah menggelontorkan stok 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu per liter.

Minyak goreng tersebut dijual di sejumlah toko ritel modern. "Supaya tercapai daya beli masyarakat," katanya.

Selain minyak goreng, kenaikan harga terjadi pada komoditas telur ayam. Hal ini terjadi lantaran pasokan telur digunakan untuk hotel dan restoran menjelang akhir tahun serta dipakai untuk bantuan sosial.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...