13 Uang Kuno Indonesia Termahal, Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Siti Nur Aeni
8 Februari 2022, 07:52
13 Uang Kuno Indonesia Termahal, Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah
ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww.
Kolektor uang kuno Roedy Santoso memperlihatkan uang kuno yang dikoleksinya di Desa Purwosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (30/1/2021). Ia telah mengoleksi 149 jenis uang kertas dan 84 jenis uang logam dengan jumlah lebih dari tiga ribu lembar dan keping uang.

Uang kuno adalah peninggalan sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan banyak orang yang akhirnya tertarik untuk memiliki uang kuno, walaupun secara fungsi uang ini sudah tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Tak heran jika akhirnya banyak uang kuno Indonesia termahal yang dijual di beberapa tempat.

Harga uang kuno dari Indonesia bahkan ada yang mencapai ratusan juta. Penasaran uang kuno Indonesia apa saja yang harganya selangit? Mengutip dari laman IDX Channel dan Lifepal, berikut daftar lengkapnya.

Uang Kuno Termahal di Indonesia

1. Uang Kertas Rp500

Uang kertas Rp500 merupakan pecahan uang dengan gambar orang utan yang diterbitkan pada tahun 1992. Uang berwujud kertas tersebut sudah ditarik peredarannya sejak dikeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/27/PBI/2006.

Untuk para kolektor, uang kuno ini ternyata masih memiliki nilai tersendiri. Hal tersebut membuat harga uang kertas ini sangat tinggi. Di pasaran uang kuno ini dijual dengan harga mulai dari Rp5000 – Rp100 juta per lembar.

2. Uang Koin Rp25

Uang koin Rp25 juga termasuk uang kuno Indonesia yang paling dicari. Uang ini dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1992. Saat ini uang koin ini memang sudah tidak diedarkan, namun masih ada beberapa orang yang memiliki sebagai koleksi.

Jika Anda ingin mengoleksi uang koin ini, maka Anda harus membelinya dengan harga yang tidak murah. Diketahui uang ini dijual dengan harga Rp100 juta per keping.

3. Uang Koin Rp50

Uang kuno termahal di Indonesia selanjutnya yaitu uang koin Rp50. Uang ini dikeluarkan pada tahun 1971. Uang koin Rp50 memiliki gambar burung cendrawasih. Sama halnya dengan uang koin Rp25, uang koin Rp50 juga terjual dengan harga Rp100 juta per keping.

4. Uang Koin Rp100

Uang koin lainnya yang juga termasuk uang kuno Indonesia termahal yaitu uang koin Rp100. Uang ini dikeluarkan pada tahun 1978 dan saat ini sudah tidak digunakan lagi. Uang ini memiliki gambar wayang dan rumah gadang. Harga uang ini dipasaran sekitar Rp100 juta per keping.

5. Uang Koin Rp1000

Uang koin termahal di Indonesia berikutnya yaitu uang koin Rp1000 yang dikeluarkan pada 8 Maret 1993. Yang ini memiliki bentuk bulat pipih dan cukup tebal. Uang dengan gambar kelapa sawit ini mempunyai berat sekitar 8,60 gram dengan tebal Rp2,40 mm.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...