Uang Kuno Termahal di Dunia dan Indonesia, Harganya Sangat Fantastis

Siti Nur Aeni
7 Februari 2022, 12:24
Uang Kuno Termahal di Dunia dan Indonesia, Harganya Sangat Fantastis
ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww.
Kolektor uang kuno Roedy Santoso memperlihatkan uang kuno yang dikoleksinya di Desa Purwosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (30/1/2021). Ia telah mengoleksi 149 jenis uang kertas dan 84 jenis uang logam dengan jumlah lebih dari tiga ribu lembar dan keping uang.

Siapa sangka jika ternyata uang kuno masih memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan ada beberapa uang kuno termahal yang banyak dicari orang. Hal yang menjadikan uang tersebut mahal karena beberapa faktor seperti usia, kelangkaan, hingga memiliki nilai sejarah tersendiri.

Uang Kuno Termahal di Dunia

Salah satu jenis uang kono termahal yang dibanyak dicari yaitu uang koin. Dahulu uang koin banyak digunakan masyarakat dunia sebagai mata uang untuk berbagai keperluan. Hingga saat ini uang koin masih eksis dan digunakan untuk transaksi jual beli.

Namun ternyata ada beberapa uang koin kuni yang kini memiliki nilai yang cukup tinggi bahkan sampai miliaran rupiah. Melansir dari Wealthy Gorilla, berikut 10 uang kuno termahal yang ada di dunia.

1. Flowing Hair Silver/ Copper Dollar (1794)

Di posisi pertama, ada Flowing Hair Silver/ Copper Dollar yang menjadi uang kuno termahal. Uang ini memiliki nilai sekitar US$10 juta atau setara dengan Rp142,6 miliar. Beberapa ahli numismatik meyakini bahwa koin ini merupakan koin perak pertama yang dicetak dan dikeluarkan oleh Pemerintah Federal AS.

2. Double Eagle (1933)

Uang koin ini dicetak pada tahun 1933, akan tetapi peredarannya sempat ditarik untuk dilebur kembali. Hal tersebut dikarenakan Presiden AS saat itu, Theodore Roosevelt melarang siapa pun mempunyai emas. Harga uang koin kuno ini mencapai US$7,5 juta atau sekitar Rp108,4 miliar.

3. Saint-Gaudens Double Eagle (1907)

Uang kuno termahal selanjutnya yaitu Saint-Gaudens Double Eagle dengan nilai US$7,6 juta atu Rp108,4 miliar. Saint-Gaudens Double Eagle adalah koin yang sulit di produksi dalam jumlah besar sebab desainnya cukup rumit. Kesulitan produksi membuat uang ini dihentikan produksinya.

4. Brasher Doubloon (1787)

Uang koin ini diciptakan pada tahun 1787 yang digunakan untuk meyakinkan negara bagian New York di Amerika Serikat. Penggunaan uang ini bertujuan untuk mengganti bahan pembuatan koin dari emas ke tembaga. Koin ini dibeli Wall Street dengan nilai sekitar US$7,4 juta atau setara dengan Rp105,5 miliar.

5. Edward III Florian (1343)

Edward III Florian merupakan koin tertua. Hal tersebut membuat harga koin ini sangat mahal. Edward III Florian ini memiliki harga sekitar US$6,8 juta atau Rp96,9 miliar.

6. Liberty Head Nickel – Mortan-Smith-Eliasberg (1913)

Liberty Head Nickel merupakan uang kuno termahal karena langka dan mempunyai permukaan yang sangat indah menyerupai cermin. Namun, koin ini cukup kontroversional karena tidak mempunyai catatan produksi yang resmi. Nilai dari uang ini yaitu sekitar US$4,5 juta atau Rp64,2 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...