Pulih dari Covid-19, Menteri ESDM Arifin Tasrif kembali Bertugas

Happy Fajrian
7 Februari 2022, 10:36
menteri esdm arifin tasrif, covid-19, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memasang masker saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dikabarkan telah bertugas kembali setelah menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19. Arifin akan memimpin rapat di Kementerian ESDM siang ini, Senin (7/2).

“Menyampaikan bahwa Bapak Menteri ESDM Arifin Tasrif sudah sehat sepenuhnya dan aktif kembali. Siang ini beliau ada rapat dengan Dirjen Migas, SKK Migas dan Sekjen,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, Senin (7/2).

Advertisement

Pada 31 Januari 2022 lalu, ujar Agung, Kementerian ESDM telah menyampaikan informasi kepada Komisi VII DPR bahwa Menteri ESDM sedang melakukan isolasi mandiri terhitung mulai tanggal 30 Januari 2022. Agung sebelumnya menjelaskan bahwa Arifin tak mengalami gejala berat Covid-19, sehingga tak perlu dirawat di rumah sakit.

Selama Arifin menjalani isoman, perannya di Kementerian ESDM digantikan sementara oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Pada Jumat (4/2) Bahlil memimpin rapat perdana sebagai Ad Interim Menteri ESDM dengan seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM.

Arifin menambah panjang daftar menteri yang terpapar Covid-19. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merupakan menteri pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni pada Maret 2020, atau pada awal pandemi corona di Indonesia

Ketika itu peran Budi di Kementerian Perhubungan digantikan sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hingga dinyatakan sembuh pada April 2020.

Kemudian Menteri Agama Fachrul Razi, sebelum digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas, terpapar Covid-19 pada September 2020. Sama halnya dengan Edhy Prabowo, terpapar virus ini ketika masih menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada September 2020.

Lalu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah terpapar Covid-19 pada Desember 2020 serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Januari 2021. Sandiaga Uno sebelum menjabat sebagai Menteri Pariwisata juga terpapar Covid-19 pada November 2020.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement