Sederet Alasan Golkar Dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

Image title
8 Februari 2022, 18:18
Golkar, partai golkar, Airlangga Hartarto, capres 2024, pilpres 2024,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pidato dalam acara puncak HUT Ke-56 Partai Golkar di Hutan Kota by Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Partai Golongan Karya (Golkar) menegaskan akan mencalonkan ketua umum yakni Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ini dilakukan meski elektabilitas Airlangga rendah menurut beberapa survei.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan, keputusan itu merupakan amanat Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar Desember 2019. Selain itu, Rapat Pimpinan Nasional (Golkar) 2021 yang dihadiri oleh seluruh ketua dewan pimpinan daerah memutuskan demikian.

"Jadi tidak boleh kami melanggar keputusan Munas atau Rapimnas. Istilahnya sudah dua lapis tertinggi," ujar Lodewijk di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (8/2).

Dari sisi peta koalisi jelang Pilpres 2024, menurutnya semua partai politik berupaya meningkatkan elektabilitas. Sebab, ini akan mendatangkan posisi tawar yang bagus.

Kemudian, sosok capres dan cawapres yang akan diusung kemungkinan dapat disepakati. “Kami hanya perlu mengambil satu partai dengan suara tidak terlalu besar. Biar saja itu mengalir dulu," ujar Lodewijk.

Akan tetapi, beberapa survei menunjukkan bahwa elektabilitas Airlangga rendah. Menanggapi hal ini, Lodewijk menyampaikan bahwa hasil sejumlah riset akan menjadi catatan bagi Golkar.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...