Jokowi Janji Longgarkan Kapasitas Pertunjukan Seni Budaya hingga 80%

Rizky Alika
11 Februari 2022, 09:45
jokowi, seni, covid-19, ppkm
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur Jawa Barat (kiri) menyapa warga di Pasar Sederhana, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan para seniman dan budayawan di Istana Negara Jakarta pada Kamis (10/2). Pada kesempatan tersebut, Jokowi menjanjikan kapasitas pertunjukan seni dan budaya dilonggarkan hingga 80%.

Dengan demikian, penonton pertunjukan seni di dalam gedung bisa lebih banyak. "Diperkirakan mulai Maret ini mungkin akan bertambah jadi bisa 70 atau 80% sedang diolah oleh pemerintah kepastiannya," kata Seniman Butet Kartaredjasa dalam video yang ditayangkan Sekretariat Presiden, Kamis (11/2).

Butet mengatakan, pelonggaran kapasitas itu akan diumumkan pada Maret mendatang. Nantinya, aturan itu akan diikuti oleh ketentuan pemerintah daerah masing-masing.

"Asalkan semua nanti terjadi dengan standar protokol kesehatan yang disepakati dan diatur pemerintah," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mendorong kegiatan seni budaya harus tetap berlangsung. "Tidak boleh mati. Harus tetap jalan," ujar dia.

Selanjutnya, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk mendorong perusahaan BUMN, swasta, dan industri untuk mendukung pembiayaan pertunjukan seni dan budaya.

“Karena kegiatan seni budaya itu akar dari pembangunan kualitas manusia di negeri ini,” ujar Butet.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...