Penjelasan Konjungsi Kausalitas dan Contohnya

Image title
11 Februari 2022, 10:05
Konjungsi kausalitas adalah konjungsi atau kata hubung yang menyatakan sebab-akibat. Kata yang termasuk konjungsi kausalitas adalah “sebab”, “karena”, dan “oleh sebab itu”.
Pexels/Lum3n

Sebuah karya tulis memerlukan kaidah kebahasaan yang baik dengan memerhatikan berbagai aspek, termasuk konjungsi. Penggunaan konjungsi dalam penulisan berfungsi untuk menghubungkan kata-kata, bagian-bagian kalimat, atau kalimat-kalimat

Pengertian Konjungsi Kausalitas

Terdapat beberapa jenis konjungsi, salah satunya konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas adalah konjungsi atau kata hubung yang menyatakan sebab-akibat. Kata yang termasuk konjungsi kausalitas adalah “sebab”, “karena”, “oleh sebab itu”, “oleh karena itu”, “jika”, “akibatnya” dan “sehingga”.

Penggunaan konjungsi kausalitas dapat ditemui dalam teks editorial. Berdasarkan buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3, konjungsi kausalitas dalam teks editorial terkait dengan penyampaian argumen yang dikemukakan penulis atau redaktur tentang topik yang dibahas.

Jenis-Jenis Konjungsi Kausalitas

1. Konjungsi Kausal Syarat

Konjungsi kausal syarat merupakan konjungsi yang saling menyatukan sebab akibat dengan menerapkan syarat terjadinya akibat tersebut. Biasanya kausal syarat ditandai dengan kata, jika, kalau dan bila.

2. Konjungsi Kausal Alasan

Konjungsi kausal alasan merupakan konjungsi yang menyatakan adanya alasan atau penyebab dari suatu kejadian yang menimbulkan akibat. Biasanya ditandai dengan kata, karena. 

3. Konjungsi Kausal Simpulan

Konjungsi kausal simpulan merupakan konjungsi yang memuat suatu kesimpulan dari adanya sebab dan akibat. Biasanya ditandai dengan kata, demikian dan jadi.

4. Konjungsi Kausal Akibat

Konjungsi kausal akibat merupakan konjungsi yang membuat akibat yang terjadi sehingga menimbulkan sebab. Biasanya ditandai dengan kata, akibatnya, sehingga, oleh sebab itu dan oleh karena itu.

5. Konjungsi Kausal Untuk

Konjungsi kausal untuk merupakan konjungsi yang menyatakan suatu sebab yang membentuk akibat. Biasanya ditandai dengan kata agar dan untuk itu.

Contoh Konjungsi Kausalitas

Berikut contoh konjungsi kausalitas dan penggunaannya dalam sebuah paragraf.

Berolahraga membuat sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar sehingga mengoptimalkan metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf akan bekerja dengan lebih baik. Oleh karena itu, ayo berolahraga paling sedikit tiga kali sepekan agar badan tetap sehat dan kuat.

Dalam paragraf tersebut terdapat tiga konjungsi kausalitas, yaitu “sehingga”, “akibatnya”, dan “oleh karena itu”.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...