Peluncurannya Ditunda, 48 Orang Sudah Cairkan JKP BPJS Ketenagakerjaan

Rizky Alika
22 Februari 2022, 21:24
bpjs ketenagakerjaan, jaminan kehilangan pekerjaan, jkp, phk
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrai pekerja pabrik.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa dicairkan meski peluncurannya hari ini ditunda. Hingga akhir pekan lalu, sudah ada 48 orang yang mencairkan JKP.

BPJS Ketenagakerjaan pun telah membayar manfaat uang tunai kepada sejumlah peserta yang telah mengajukan klaim JKP. "Hingga 18 Februari 2022 sudah ada sekitar 48 orang yang mengklaim manfaat JKP," kata Kepala Biro Humas Kemenaker, Chairul Fadhly Harahap dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2).

Adapun, JKP ditujukan untuk pekerja atau buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Mereka akan memperoleh manfaat berupa uang tunai, informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

Menurutnya, program JKP semestinya diresmikan hari ini. Namun, peresmian JKP akan dijadwalkan ulang karena ada pertimbangan teknis. Meski begitu, program JKP sudah berjalan. Peserta pun dapat mengajukan klaim per 11 Februari 2022. Berdasarkan perhitungan aktuaris, ada sekitar 629 ribu penerima manfaat JKP pada 2022.

Adapun, program JKP merupakan bantalan sosial yang diberikan bagi korban PHK, pekerja yang berkeinginan untuk bekerja kembali, dan pekerja yang memiliki masa iur paling sedikit 12 bulan dalam 24 bulan serta membayar iuran 6 bulan berturut-turut sebelum terjadi PHK.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...