Jokowi Kemah di IKN, Gunakan Shower hingga Tenda Buatan Perancis

Rizky Alika
14 Maret 2022, 16:53
jokowi, jokowi kemah, tenda jokowi, IKN, jokowi kemah di IKN
Foto: Agus Suparto
Presiden Joko Widodo saat berkemah di IKN, Kalimantan Timur. Foto: Agus Suparto

Presiden Joko Widodo berkemah di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur pada Senin (14/3). Saat berkemah, Jokowi akan menggunakan sejumlah fasilitas, seperti kamar mandi dengan shower dan bermalam di tenda buatan Perancis.

Jokowi bermalam di area perkemahan sekitar 2,7 kilometer dari titik nol IKN. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden mendapatkan fasilitas kamar mandi dengan shower untuk menghemat air.

"Karena air terbatas," kata Heru dalam pesan singkat, Senin (14/3).

Meski demikian, menurut dia, Jokowi tidak mendapatkan fasilitas toilet duduk. Jumlah kamar mandi yang tersedia sebanyak enam unit untuk 30 orang. Adapun kamar mandi untuk Presiden disiapkan terpisah dari unit kamar mandi lainnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta  akan bermalam menggunakan tenda produk Quechua yang merupakan merek asal Perancis. Heru mengatakan, tenda tersebut merpakan inventaris lama milik Sekretariat Presiden yang diadakan saat terjadi gempa di Poso, Sulawesi Tengah pada 2019.

Tak hanya Jokowi, tenda yang ditempati para rombongan juga berasal dari inventaris lama Sekretariat Presiden.

Dalam tenda tersebut, Jokowi mendapatkan fasilitas tempat tidur dan makanan seperti kue dan buah. Heru memastikan, tidak ada fasilitas pendingin (air conditioner/AC) dan makanan khusus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...