Jokowi Ingin BPKH Jadikan Indonesia Pusat Investasi Syariah Dunia

Ameidyo Daud Nasution
25 Maret 2022, 17:25
jokowi, bpkh, syariah
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jakarta Inacraft 2022 di Jakarta, Rabu (23/3). Foto: Antara

Industri berbasis syariah terus berkembang di Indonesia dewasa ini. Bahkan Presiden Joko Widodo memprediksi pangsa pasar industri syariah bisa tumbuh hingga mencapai US$ 1,5 triliun atau setara Rp 21.500 triliun pada 2024.

Oleh sebab itu Presiden memerintahkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menjadi katalisator serta penggerak industri syariah Indonesia. Tujuannya, agar RI mampu menjadi hub investasi dan industri halal dunia.

“Melalui penempatan (dana) di perbankan syariah dan investasi baik di dalam maupun luar negeri,” kata Jokowi dalam acara Global Islamic Investment Forum 2022, Jumat (25/3).

Jokowi menjelaskan, dalam 10 tahun, aset industri keuangan syariah global telah meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi US$ 288 triliun. Oleh sebab itu BPKH perlu terus berkolaborasi dengan berbagai entitas di dalam dan luar negeri untuk membawa potensi tersebut ke Indonesia.

Tak hanya itu, pesantren dan usaha kecil juga perlu digandeng dalam mengembangkan industri halal. “Kerja sama antara layanan haji dengan industri keuangan syariah dan industri halal harus terus ditingkatkan,” kata Presiden.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...