Jokowi Beri BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu, Siapa Saja Penerimanya?

Rizky Alika
1 April 2022, 17:44
jokowi, minyak goreng
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden-Lally Rachev/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) mengecek harga dan ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Rakyat Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

Presiden Joko Widodo memutuskan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp 100 ribu per bulan selama tiga bulan untuk masyarakat dan pedagang gorengan. Bantuan tersebut menyasar kepada 20,5 juta keluarga yang masuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan.

Selain itu, bantuan juga disalurkan kepada 2,5 juta pedagang kaki lima yang berjualan makanan gorengan. "Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus April, Mei, dan Juni," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/4).

Ia mengatakan, bantuan akan dibayarkan di muka pada April 2022 sebesar 300 ribu. Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI, dan Polri untuk berkoordinasi. "Agar pelaksanan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar," ujar dia.

Keputusan ini diambil setelah Jokowi meninjau harga dan stok minyak goreng di dua pasar, yaitu Pasar Baledono di Purworejo dan Pasar Rakyat di Tempurejo Magelang. Berdasarkan hasil blusukannya, Jokowi menemukan harga minyak goreng curah masih dibanderol tinggi di pasar tradisional.

Padahal, Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah yang ditentukan pemerintah sebesar Rp 14 ribu per liter.

"Harganya Rp 15.500. Masih belum mencapai apa yang kita inginkan di Rp 14 ribu," kata Jokowi usai meninjau pasar rakyat di Desa Tempurejo, Tempuran, Magelang, Rabu (30/3).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...