7 Hal Penting Sebelum Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN

Siti Nur Aeni
14 Mei 2022, 18:23
Ketahui 7 Hal Penting Ini Sebelum Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar menyampaikan sambutan pada PeluncuranÊRekrutmen Bersama BUMN 2022 di Jakarta, Selasa (12/4/2022). Dalam program tersebut sebanyak 2.700 lowongan kerja dibuka di lebih dari 50 BUMN untuk diisi oleh talenta milenial Indonesia di berbagai klaster industri BUMN di seluruh Indonesia, diantaranya energi, perbankan, perkebunan dan telekomunikasi.

Hasil seleksi administrasi rekrutmen bersama BUMN 2022 sudah diumumkan pada 9 Mei lalu. Peserta yang lulus seleksi administrasi bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yaitu tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan, tes TKD dan Core Values BUMN ini dilaksanakan pada 19 – 24 Mei 2022. Sementara itu, untuk jam pelaksanaan tes setiap orang berbeda-beda. Peserta akan mendapatkan informasi seputar waktu pelaksanaan tes melalui email yang terdaftar.

Namun, sebelum mengikuti TKD dan Core Values BUMN, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal penting yang dibutuhkan. Berdasarkan penjelasan Forum Human Capital Indonesia dalam unggahan di akun Instagram miliknya, berikut tujuh hal penting sebelum mengikuti seleksi TKD dan Core Values BUMN yang perlu diperhatikan.

Persiapan Menuju Seleksi TKD dan Core Values BUMN

1. Ingat Waktu Pelaksanaan Tes

Peserta seleksi rekrutmen bersama BUMN nantinya akan mendapatkan jadwal tes yang berbeda-beda. Informasi seputar waktu pelaksanaan tes akan dikirimkan lewat email masing-masing atau bisa dilihat juga pada dashboard situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Perlu dipahami, seleksi online TKD dan Core Values BUMN harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang diberikan. Oleh sebab itu, para peserta harus mengingat waktu pelaksanaan tes. Jika terlewat dari waktu yang sudah ditentukan, maka bisa dipastikan bahwa yang bersangkutan tidak bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

2. Memahami Cara Mengakses Situs Seleksi TKD dan Core Values BUMN

Hal penting lainnya yang juga perlu dipahami peserta seleksi TKD dan Core Values BUMN yaitu mengetahui cara mengakses situs seleksi tersebut. Adapun cara mengakses situs seleksi tersebut, sebagai berikut:

  • Buka situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.
  • Pada bagian dashboard terdapat informasi seputar jadwal, username, hingga password untuk mengakses laman seleksi.
  • Klik opsi untuk memulai tes online.
  • Masuk menggunakan username dan password yang telah diberikan.
  • Lakukan registrasi wajah dan pastikan membawa petunjuk tes sebelum memulai menjawab soal seleksi yang tersedia.

Selain membuka melalui situs rekrutmen bersama BUMN, Anda juga bisa masuk melalui tautan yang dikirimkan lewat email. Setelah itu lakukan login dan registrasi wajah. Kemudian selesaikan tes dengan baik dan benar.

3. Melakukan Trial Test

Trial test adalah tes uji coba seleksi TKD dan Core Values BUMN. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memastikan perangkat, jaringan, dan infrastruktur yang digunakan saat tes online sesungguhnya. Uji coba ini sebenarnya tidak wajib, namun panitia sangat menganjurkan setiap peserta melakukan trial test.

4. Pastikan Username dan Password Benar

Sistem login bersifat case sensitive, sehingga pastikan username dan password yang Anda input benar, termasuk penggunaan huruf dan simbol yang digunakan. Agar tidak terjadi kesalahan, Anda bisa menyalin username dan password ke notepad perangkat yang Anda gunakan untuk memastikan tidak ada spasi atau tanda baca yang ikut terisi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...