Youth 20 Hadiri Peresmian Persemaian Rumpin oleh Jokowi

Tia Dwitiani Komalasari
11 Juni 2022, 11:06
Presiden Joko Widodo menyampaikan pemaparan saat peresmian Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pemaparan saat peresmian Persemaian Rumpin di Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

Youth 20 (Y20) selaku wadah konsultasi resmi perwakilan pemuda negara-negara anggota G20, menghadiri peresmian Persemaian Rumpin dan Peluncuran Rehabilitasi Mangrove serta World Mangrove Center oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Bogor, Jumat (10/6).

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Program Persemaian Rumpin dan Peluncuran Rehabilitasi Mangrove serta World Mangrove Center, merupakan hasil kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta April Group.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menekankan pemerintah ingin meneguhkan komitmen RI atas perubahan iklim terhadap perbaikan lingkungan yang rusak, tapi dengan sebuah aksi yang jelas. Jokowi menargetkan 30 pusat persemaian selama tiga tahun ke depan sebagai komitmen merespons perubahan iklim global.

“Kami akan targetkan pada akhir tahun 2024 setidaknya ada 600 ribu hektare lahan mangrove di Indonesia," ujar Jokowi.

Pada kegiatan Pre-Summit Ketiga Y20 yang berlangsung di Balikpapan pada bulan Mei, Delegasi dan Pengamat Y20 juga melaksanakan penanaman mangrove di lahan Mangrove Argo Mulyo, Balikpapan. Pertemuan tersebut didukung oleh KLHK. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah melakukan aksi nyata merestorasi dan mengembalikan fungsi asli lingkungan yang rusak.

 Peran Pemuda

Jumlah pemuda di Indonesia mencapai 144,87 juta jiwa atau 53,81 persen dari jumlah total penduduk Indonesia berdasarkan survei penduduk tahun 2020.

Oleh karena itu, peran pemuda menjadi sangat penting dalam berbagai sektor termasuk sektor lingkungan hidup. Y20 menjadi engagement group resmi G20 yang terus berupaya mengajak anak muda untuk mengambil langkah nyata peduli bumi.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan peresmian skala besar Rumpin merupakan dorongan keras Presiden dalam upaya pemulihan lahan terdegradasi yaitu melalui penyediaan dan penanaman bibit secara besar-besaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...