SMRC: Mayoritas Pemilih Nasdem Dukung Ganjar Jadi Presiden

Adi Ahdiat
18 Juni 2022, 18:02
Partai Nasdem menetapkan tiga nama bakal calon presidennya, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa dalam Rakernas di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Partai Nasdem menetapkan tiga nama bakal calon presidennya, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa dalam Rakernas di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Menurut hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), mayoritas massa pemilih partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden.

Dari basis responden pemilih Nasdem pada Pemilu 2019, sebanyak 41% di antaranya memilih Ganjar Pranowo jika pemilihan presiden digelar sekarang. Kemudian sebanyak 31% lainnya memilih Anies Baswedan, dan 12% memilih Prabowo Subianto.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani, mengatakan data ini cukup sejalan dengan opini yang dibangun oleh elit Nasdem dalam rapat kerja nasional mereka baru-baru ini.

"Secara umum, aspirasi yang dikembangkan oleh DPW Nasdem cukup konsisten dengan pemilih Nasdem sendiri. Artinya, Nasdem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri,” kata Saiful dalam siaran persnya, Sabtu (18/6/2022).

"Ini menunjukkan Nasdem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat," katanya lagi.

Guru Besar ilmu politik UIN Jakarta ini menilai Nasdem cukup terbuka terhadap nama-nama calon presiden yang berkembang di masyarakat karena tokoh utama Nasdem tidak mencalonkan diri.

“Nasdem mungkin bisa mengklaim, silakan Nasdem digunakan sebagai kendaraan untuk menyampaikan aspirasi dan kepentingan politik masyarakat secara luas,” kata Saiful.

Dalam tiga survei terakhir yang dilakukan SMRC, dukungan massa pemilih Nasdem kepada Prabowo Subianto sempat mencapai 57% pada Desember 2021. Tapi, dalam 5 bulan terakhir angkanya turun signifikan hingga menjadi 12% pada Mei 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...