Telkom Kawal Akselerasi Ekosistem Ekonomi Digital

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
8 Juli 2022, 16:00
Angkringan digital yang menjadi tenan favorit masyarakat menemani internetan di wifi corner Witel Sleman, Yogyakarta
Katadata/ Courtesy of Telkom
Angkringan digital yang menjadi tenan favorit masyarakat menemani internetan di wifi corner Witel Sleman, Yogyakarta

Menginjak usia ke-57 tahun pada 6 Juli 2022, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya mewujudkan tekad besarnya untuk mendorong terwujudnya kedaulatan digital bagi Indonesia.

Kedaulatan digital merupakan upaya terus menerus untuk memastikan kendali penuh terhadap semua data dan aktivitas digital, sehingga mampu dimanfaatkan secara optimal.

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah dalam sebuah kesempatan menyatakan bahwa Telkom sedang menyiapkan diri untuk menghadapi kompetisi yang akan semakin ketat di masa depan.

“Kami terus berupaya supaya Telkom Indonesia mampu menjadi pilihan utama bagi masyarakat,” ujar Ririek.

Telkom juga tengah menggenjot digitalisasi lewat pembangunan berbagai infrastruktur yang mampu menjangkau lokasi terluar, terdepan dan terpencil (3T).

Optimalisasi digitalisasi ini diharapkan nantinya dapat mendukung pembangunan berbagai sektor, terutama peningkatan ekonomi masyarakat.

Akselerasi digitalisasi ekonomi juga diharapkan mampu mendorong Indonesia untuk menjadi pemain penting dalam industri ekonomi digital di Kawasan Asia Tenggara.

Saat ini, Indonesia merupakan rumah dari 204,7 juta pengguna internet dengan tingkat penetrasi internet 73,7 persen, seperti dilaporkan oleh Katadata.co.id pada awal 2022.

Pada 2021, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai US$70 miliar atau Rp997,6 triliun, menyumbang 40 persen dari total nilai ekonomi digital Kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan nilai ekonomi kegiatan ekonomi digital Indonesia diperkirakan mampu mencapai US$146 miliar atau Rp2.000 triliun pada 2025.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, indeks literasi digital Indonesia berada pada 3,49, dari rentang 0-5. Hal ini merupakan modal kuat untuk berkompetisi di era society 5.0.

Untuk melanjutkan pekerjaan besar penguatan ekosistem ekonomi digital ini, tentunya Telkom Indonesia masih membutuhkan energi besar dan stamina yang kuat.

Selain itu, modal lainnya berupa dukungan solid dari Indonesia Digital Network yang sudah tergelar di seluruh Nusantara, juga memainkan peran penting dalam mendukung berbagai kerja yang dilakukan.

Hingga kini, Telkom Indonesia telah membangun berbagai platform yang mampu mengawal tumbuh kembangnya ekosistem ekonomi digital.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...