Pemerintah Siapkan Bansos BBM, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Rizky Alika
30 Agustus 2022, 18:10
bansos, bbm, risma
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.
Seorang warga memperlihatkan persyaratan pengambilan dana bantuan sosial (bansos) subsidi minyak goreng dan uang bantuan yang telah diterima di Kantor Pos Dumai, Riau, Selasa (12/4/2022).

Pemerintah akan mengalihkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi bantuan sosial (bansos). Langkah ini diharapkan menjadi bantalan sosial dalam menghadapi gejolak harga BBM.

Secara total, ada Rp 24 triliun anggaran yang disiapkan untuk menambah bantuan sosial. Salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Lalu, bagaimana cara mendapatkan bansos tersebut?

Bantuan Langsung Tunai

bantuan ini akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total bantuan sebesar Rp 600 ribu. Adapun, BLT akan disalurkan sebesar Rp 300 ribu sebanyak dua kali dan dimulai pada 1 September mendatang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, BLT akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Perusahaan pelat merah itu akan menyalurkan dana hingga ke tempat tingal KPM.

"PT Pos saya tetap wajibkan dia datang ke rumahnya," kata Risma di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/8).

Penyaluran melalui pos dilakukan lantaran tidak semua masyarakat memiliki rekening perbankan. Selain itu, ada pula KPM yang tinggal di daerah pedalaman. Nantinya, pegawai Pos akan memotret penerima dan tempat tinggal penerima BLT sebagai bukti penyaluran bansos.

Risma menjanjikan, petugas pos dapat menyalurkan BLT dalam waktu dua minggu. Tambahan BLT akan diberikan bersama dengan bansos rutin.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengingatkan, bansos dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan pokok. "Tidak boleh untuk rokok dan minuman keras," katanya.

Untuk menyalurkan BLT, pemerintah telah memperbaiki data penerima bantuan pada Data Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS) setiap bulan.
Sebelumnya, pembaruan DTKS dilakukan hanya sekali dalam setahun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...