Satgas Covid-19: RI Hati-hati Sampaikan Berakhirnya Pandemi

Rizky Alika
22 September 2022, 22:34
Satgas Covid-19: RI Hati-hati Sampaikan Akhir Pandemi
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Ilustrasi. Satgas Covid-19 memastikan akan berhati-hati menyampaikan akhir dari pandemi.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir. Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan Indonesia berhati-hati dalam menyampaikan akhir dari pandemi.

"Indonesia masih mengedepankan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring, Kamis (22/9).

Ia mengingatkan untuk tidak tergesa-gesa dalam menyampaikan bebas pandemi tanpa mengacu pada data dan kondisi Covid-19 di dunia. Menurutnya, beberapa negara mengalami kenaikan kasus corona secara mingguan, yaitu Rusia, Perancis, dan Austria.  Rusia mengalami kenaikan kasus sejak Juli, sementara Perancis dan Austria baru mengalami lonjakan pada September.  

Adapun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbaharui lima pilar strategi untuk mengakhiri pandemi. Pilar itu terdiri dari vaksinasi dan pemberdayaan masyarakat, sistem kesehatan yang tangguh, dan koordinasi kesiapsiagaan Covid-19. Kemudian, surveilans, laboratorium dan pencerdasan masyarakat serta penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Untuk mendukung pilar tersebut, pemerintah tengah mendorong vaksinasi dosis penguat (booster) Covid-19 kepada masyarakat. Oleh karenanya, pemerintah mengharuskan masyarakat vaksinasi dosis ketiga untuk memanfaatkan fasilitas publik.

Bagaimanapun, kesadaran vaksin booster akan bergantung pada setiap individu.  "Vaksinasi sebagai tanggung jawab lindungi diri sendiri dan orang lain," ujar dia.

Wiku memastikan perubahan status pandemi akan ditetapkan oleh WHO.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...