Menelaah Rumus Hukum Pascal dan Pembahasan Soal

Dwi Latifatul Fajri
20 Oktober 2022, 21:28
Rumus Hukum Pascal
www.embibe.com
Ilustrasi Hukum Pascal

Hukum Pascal berkaitan dengan hukum Fisika. Dalam kehidupan sehari-hari hukum Pascal membantu kegiatan manusia. Contoh alat yang menggunakan hukum Pascal yaitu pompa hidrolik, rem hidrolik, dan kempa hidrolik. Alat tersebut dipakai untuk menggerakkan beban berat tanpa perlu energi yang lebih besar.

Ilmuwan fisika yang menciptakan hukum Pascal adalah Blaise Pascal dari Perancis. Pascal lahir di Perancis pada 19 Agustus 1623. Selain hukum Pascal, ahli fisika ini menemukan kempa hidrolik, alat suntik, dan masih banyak lagi.

Hukum Pascal menjelaskan tekanan pada zat cair. Penemuan ini awalnya dari percobaan Torricelli sampai akhirnya menemukan hukum tekanan zat cair. Hukum Pascal berbunyi, "Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup, diteruskan ke segala arah dengan sama besar." 

Rumus Hukum Pascal

Rumus Hukum Pascal menjelaskan hubungan antara tekanan yang disebabkan oleh zat cair, di ruang tertutup. Mengutip dari gramedia.com, hukum Pascal menggambarkan kenaikan tekanan pada permukaan fluida. Kemudian diteruskan ke segala arah fluida tersebut. Fluida termasuk zat yang mudah mengalir contohnya zat cair dan gas.

Tekanan yang dikerjakan pada zat cair di ruang tertutup ini akan diteruskan di segala arah. Sehingga tekanannya sama besar. Berdasarkan ilustrasi, terdapat gaya tekan pada ruang dan luas permukaan ruang (m2).

Hukum Pascal
Hukum Pascal (Buku Rumus Lengkap Fisika SMP)


Tekanan yang dikerjakan pengisap kecil A1 akan diteruskan ke penghisap besar A2. Maka rumus hukum Pascal yaitu:

P1 = P2

F1/A1 = F2/A2

Keterangan: 

F1 = gaya tekan pada ruang 1

A1 = luas permukaan ruang 1

F2 = gaya tekan pada ruang 2

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...