Menilik 8 Jenis Alat Ukur Suhu untuk Berbagai Kebutuhan

Destiara Anggita Putri
24 Oktober 2022, 20:47
alat ukur suhu
Unsplash
Ilustrasi, termometer.

Mengutip Encyclopedia Britannica, suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam skala sembarang dan menunjukkan arah dimana energi panas mengalir secara spontan (energi mengalir dari suatu benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah).

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa suhu adalah ukuran kualitatif yang artinya dapat diukur seberapa panas atau dinginnya suatu. Suhu bisa diukur karena adanya energi kinetik dalam suatu benda. Jadi, bila semakin besar energi suatu benda maka semakin tinggi suhu benda tersebut

Tingkatan suhu ini dapat diukur menggunakan alat yang dinamakan termometer. Nama alat ini berasal dari bahasa latin, yaitu thermo yang artinya panas dan meter yang artinya untuk mengukur. Oleh karena itu, termometer umumnya digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu.

Satuan Suhu

Sebelum mengetahui jenis alat ukur suhu, Anda perlu mengetahui satuan suhu terlebih dahulu. Suhu dapat diukur menjadi empat satuan yaitu Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur. Berikut ini penjelasannya.

1. Celcius

Celcius merupakan skala pengukuran suhu yang paling banyak digunakan di dunia. Satuan skala celcius adalah derajat celcius ( 0C). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 0 0C dan mendidih pada suhu 100 0C.

2. Fahrenheit

Fahrenheit merupakan skala pengukuran suhu yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat. Skala fahrenheit memiliki satuan derajat fahrenheit (0F). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 32 0F dan mendidih pada suhu 212 0F.

3. Kelvin

Skala pengukuran suhu ini tidak memiliki derajat sehingga satuan skalanya hanyalah kelvin (K). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 273,15 K dan mendidih pada suhu 373,15 K.

4. Reamur

Skala pengukuran suhu ini dikemukakan oleh Antoine Ferchault de Reaumur pada 1730. Satuan skala reamur adalah derajat reamur (0R). Pada skala ini, air membeku pada suhu 0 0R dan mendidih pada 80 0R.

Jenis Alat Ukur Suhu

Alat ukur suhu atau termometer memiliki beragam jenis berdasarkan fungsi dan bahan yang digunakan di dalamnya. Berikut ini delapan jenis yang banyak digunakan.   

1. Termometer Klinis

Termometer ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu badan. Ada dua jenis termometer klinis yaitu termometer digital dan termometer manual.

Skala pada termometer ini menyesuaikan dengan suhu tubuh manusia yaitu hanya dari 35°C sampai 43°C.  Bila seseorang dalam keadaan sehat (normal), suhu tubuhnya sekitar 36°C - 37°C. Namun, bila ia sedang demam maka suhu tubuhnya dapat mencapai angka 40°C.

2. Termometer Laboratorium

Termometer ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu air dingin atau yang sedang dipanaskan. Bahan yang digunakan untuk mengukur suhu adalah zat cair berupa alkohol atau air raksa.

Air raksa ini berada pada sebuah pipa kapiler yang terbungkus pada kaca yang tipis. Hal ini bertujuan agar suhu panas mudah diserap dengan cepat oleh termometer.

3. Termometer Ruang

Termometer ini biasanya dipasang di dinding ruangan sebagai pengukur suhu ruangan tersebut. Skala nya sendiri mulai dari -50°C sampai 50°C. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...