Memahami Pengertian Suhu Beserta Satuan, dan Rumusnya

Destiara Anggita Putri
24 Oktober 2022, 21:26
pengertian suhu
Unsplash
Ilustrasi, seorang petugas mengukur suhu tubuh.

Setiap manusia pastinya pernah merasakan panas dan dingin dari suatu benda. Satuan untuk mengukur tingkat panas tersebut, adalah suhu. Tidak hanya dari benda, suhu juga bisa dirasakan pada tubuh manusia.

Biasanya ketika seseorang sedang kepanasan, suhu tubuh menjadi tinggi sehingga terasa panas. Disisi lain, ketika seseorang kedinginan, suhu tubuhnya rendah sehingga badanya pun terasa dingin

Namun, apakah sebenarnya suhu itu? Berikut ini adalah ulasan mengenai pengertian suhu, macam satuan hingga rumus suhu.

Pengertian Suhu

Suhu memiliki berbagai macam pengertian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suhu diartikan sebagai ukuran kuantitatif dari temperatur, panas atau dingin, dan diukur menggunakan termometer. 

Suhu menjadi besaran yang akan menyatakan ukuran derajat dingin dan panas suatu benda. Selain bisa dinyatakan secara kualitatif, suhu juga dapat dinyatakan secara kuantitatif dengan satuan derajat tertentu.

Pengertian suhu lainnya juga disampaikan oleh  dari Tri Cahyono (2007) dalam bukunya yang berjudul Penyehatan Udara. Dikutip dari bukunya, suhu adalah keadaan panas dinginnya suatu udara.

Pada umumnya, daerah tropis cenderung memiliki suhu udara yang tertinggi di muka bumi sedangkan daerah kutub memiliki suhu udara yang rendah. Lalu jika berdasarkan daerahnya, dataran rendah cenderung memiliki suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan dataran tinggi. 

Semakin tinggi permukaan tanah, maka suhunya juga akan semakin rendah. Seperti suhu dingin yang akan dirasakan menusuk tulang jika sedang berada di gunung.

Dikutip dari  Encyclopedia Britannica, suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam skala sembarang dan menunjukkan arah dimana energi panas mengalir secara spontan (energi mengalir dari suatu benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah).

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa suhu adalah ukuran kualitatif yang artinya dapat diukur seberapa pantas atau dinginnya suatu. Suhu bisa diukur karena adanya energi kinetik dalam suatu benda. Jadi, bila semakin besar energi suatu benda maka semakin tinggi suhu benda tersebut.

Tingkatan suhu ini dapat diukur menggunakan alat yang dinamakan termometer. Nama alat ini berasal dari bahasa latin,  yaitu thermo yang artinya panas dan meter yang artinya untuk mengukur. 

Satuan Suhu

Suhu dapat diukur menjadi empat satuan suhu yaitu Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur. Berikut ini penjelasannya.

1. Celcius

Celcius merupakan skala pengukuran suhu yang paling banyak digunakan di dunia. Satuan skala celcius adalah derajat celcius (0C). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 0 0C dan mendidih pada suhu 100 0C.

2. Fahrenheit

Fahrenheit merupakan skala pengukuran suhu yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat (AS). Skala fahrenheit  memiliki satuan derajat fahrenheit (0F). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 32 0F dan mendidih pada suhu 212 0F.

3. Kelvin

Skala pengukuran suhu ini tidak memiliki derajat sehingga satuan skalanya hanyalah kelvin (K). Pada satuan ini, air membeku pada suhu 273,15 K dan mendidih pada suhu 373,15 K.

4. Reamur

Skala pengukuran suhu ini dikemukakan oleh Antoine Ferchault de Reaumur pada 1730. Satuan skala reamur adalah derajat reamur (0R). Pada skala ini, air membeku pada suhu 0 0R dan mendidih pada 80 0R.

Rumus Suhu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suhu memiliki empat macam satuan yang berbeda. Artinya, suhu suatu benda akan memiliki derajat yang berbeda jika diukur menggunakan skala yang berbeda.

Untuk menemukan ukuran suhu yang tepat dari skala satu ke yang lain nya, ada rumus suhu yang bisa Anda gunakan. Dikutip dari Gramedia.com, berikut ini adalah rumus untuk menghitung suhu. 

  • Rumus dari skala Celcius ke skala Fahrenheit => T (derajat C) = 9/5 T derajat Celcius + 32
  • Rumus dari skala Celcius ke skala Reamur => T (derajat R) = 4/5 T derajat R
  • Rumus dari skala Celcius ke Kelvin => T (K) = T derajat C + 273
  • Rumus dari skala Fahrenheit ke skala Celcius => T (derajat C) = 5/9 T derajat F – 32
  • Rumus dari skala Fahrenheit ke skala Reamur  => T (derajat R) = 4/9 T derajat F – 32
  • Rumus dari skala Fahrenheit ke Kelvin => T (K) = 5/9 ( T derajat F – 32) + 273
  • Rumus dari skala Reamur ke Celcius => T (derajat C) = 5/4 T derajat R
  • Rumus dari skala Reamur ke Fahrenheit => T (derajat F) = 9/4 T derajat F + 32
  • Rumus dari skala Reamur ke Kelvin => T (K) = 5/4 T derajat R + 273
  • Rumus dari skala Kelvin ke skala Celcius => T (derajat C) = TK – 273
  • Rumus dari skala Kelvin ke skala Fahrenheit => T (derajat F) = 9/5 (TK-273) + 32
  • Rumus dari skala Kelvin ke skala Reamur => T (derajat R) = 4/5 TK – 273

Itulah informasi tentang suhu mulai dari pengertian, macam  satuan, hingga rumus. Suhu banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting bagi Anda untuk memahaminya gar bisa mengunakannya dengan tepat.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...