Sumber Daya Alam Dataran Rendah di Berbagai Bidang

Annisa Fianni Sisma
25 Oktober 2022, 13:42
sumber daya alam dataran rendah
PEXEL
Ilustrasi, jagung, yang merupakan salah satu sumber daya alam dataran rendah.

Bumi memiliki permukaan yang tidak rata di setiap daerahnya. Permukaan tersebut terbagi menjadi daerah dataran tinggi dan daerah dataran rendah. Setiap daerah tersebut memiliki sumber daya alam dataran rendah dan tinggi yang berbeda-beda dan dapat dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

Dataran rendah menjadi wilayah bumi yang kaya akan manfaatnya. Banyak kegiatan dan manfaat yang dapat bersumber dari sumber daya alam dataran rendah. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini penjelasan tentang dataran rendah dan sumber daya alam dataran rendah selengkapnya.

Pengertian dari dataran rendah yakni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI menegaskan bahwa dataran rendah merupakan bagian permukaan bumi di daerah dataran rendah yang relatif nyata.

Dataran rendah memiliki ciri-ciri tanah yang subur, suhu yang hangat, terletak di 200 meter di atas permukaan laut, suhu berkisar antara 23 hingga 28 derajat celcius, dan terbentuk karena sedimentasi. Dataran rendah pada umumnya terletak di dekat sungai dan pantai.

Sumber Daya Alam Dataran Rendah

Dataran rendah memiliki manfaat yang melimpah. Berasal dari sumber daya alam dataran rendah, wilayah ini berkontribusi dalam kegiatan irigasi, pertanian sawah tanah hujan, pertanian lahan kering, peternakan, dan kehidupan masyarakat setempat.

Dataran rendah di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Beberapa diantaranya yakni di Semarang, Surakarta, Madiun, Palembang, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan sumber daya alam dataran rendah, berikut ragam dan penjelasannya.

1. Perikanan

Sumber daya alam dataran rendah yang berada di bidang perikanan adalah beragam jenis ikan. Ikan tersebut dapat berupa ikan air tawar yang berasal dari sungai maupun rawa-rawa. Tak jarang pula banyak budidaya ikan air tawar di dataran rendah.

Ikan-ikan yang menjadi sumber daya alam dataran rendah jenis ikan air tawar adalah lele, ikan mas, gurame, patin, nila, dan lain sebagainya. Penduduk pun dapat mengkonsumsi ikan tersebut.

2. Pertanian

Dataran rendah terkenal dengan tanahnya yang subur dan banyak unsur hara. Pasalnya, banyak tumbuhan yang mampu berkembang dengan baik di dataran rendah. Oleh karena itulah, banyak masyarakat yang tinggal di dataran rendah karena selain mudah untuk bercocok tanam, suhunya yang hangat membuat masyarakat lebih nyaman.

Banyaknya tumbuhan yang mampu berkembang di dataran rendah, membuat banyak pula sumber daya dari hasil pertanian yang dibudidayakan di dataran rendah. Contohnya yakni padi, buah- buahan, jagung, kacang, dan umbi-umbian. Tanaman yang dapat tumbuh subur di dataran rendah yakni kelapa, mangga, jeruk, kacang tanah, padi, nanas, bunga, jambu.

Sumber daya alam dataran rendah dapat menjadi makanan pokok. Salah satunya yakni Padi yang telah menjadi makanan sehari-hari penduduk negara Indonesia. Selain itu di beberapa daerah menjadikan umbi-umbian sebagai makanan wajib.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...