Melirik 7 Manfaat Dataran Rendah bagi Kehidupan Manusia

Annisa Fianni Sisma
25 Oktober 2022, 10:10
manfaat dataran rendah
PEXEL
Ilustrasi, sawah di dataran rendah.

Dataran rendah adalah bentuk permukaan bumi dengan ketinggian tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan suhu berkisar antara 23-28 derajat celcius (0C). Karena permukaan yang tidak terlalu tinggi, serta suhunya yang bisa dikatakan hangat, ada beragam manfaat dataran rendah bagi kehidupan manusia.

Dataran rendah terbentuk oleh pengendapan lava melalui air, angin, atau erosi tanah. Dataran ini memiliki sifat tanah yang lebih subur dibandingkan dengan dataran tinggi. Karena sifat tanahnya yang subur, banyak aktivitas pertanian dan peternakan berpusat di dataran ini.

Advertisement

Dengan dua aktivitas utama tersebut, di dataran rendah masyarakat mendapatkan kesempatan kerja, yang pada akhirnya mendongkrak perekonomian suatu wilayah. Tak heran, dataran rendah merupakan wilayah permukaan bumi yang paling padat penduduk.

Namun, tak hanya sebatas untuk pertanian dan peternakan saja, manfaat dataran rendah bagi kehidupan manusia tergolong beragam. Apa saja manfaat yang didapatkan manusia dari dataran rendah? Simak ulasan singkat berikut ini.

Manfaat Dataran Rendah

Secara umum, dataran rendah memiliki enam manfaat bagi manusia, yakni sebagai berikut:

1. Pertanian dan Perkebunan

Seperti telah disinggung sebelumnya, manfaat dataran rendah yang utama adalah untuk aktivitas pertanian. Dataran rendah memiliki tanah yang subur, suhu yang tidak terlalu dingin maupun panas, serta kelembapan udara yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Kondisi tersebut membuat dataran rendah cocok menjadi tempat pertanian.

Selain untuk pertanian, daerah dataran rendah juga cocok bagi perkebunan. Contoh perkebunan yang subur di dataran rendah, antara lain perkebunan jagung, dan tebu.

2. Peternakan

Dataran rendah menyediakan ruang yang luas bagi manusia dan hewan untuk hidup berdampingan. Salah satu ciri khas dataran ini, adalah memiliki padang rumput yang luas dan datar, yang membuatnya cocok untuk hidup hewan ternak. Dataran rendah juga dialiri oleh banyak sungai, yang menjadi sumber air minum hewan ternak.

3. Pertambangan

Tidak hanya pertanian, perkebunan, dan peternakan, manfaat dataran rendah lainnya bagi manusia adalah menyediakan beragam sumber tambang. Berbagai hasil tambang yang tersedia di dataran rendah ini, berguna memenuhi kebutuhan manusia, serta untuk menggerakkan roda perekonomian. Hasil tambang dataran rendah, terdiri dari dua, yakni logam dan non-logam.

Contoh hasil tambang logam, antara lain emas, perak, nikel, tembaga, besi, timah, alumunium, dan perunggu. Sementara, hasil tambang non-logam, antara lain minyak bumi, gas alam, batu bara, intan, granit, dan marmer.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement