Memahami Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Datar Dua Dimensi

Dwi Latifatul Fajri
2 November 2022, 21:05
Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Datar
Pexels.com/Monstera
Ilustrasi Bangun Datar

Bangun datar adalah bangun geometri berbentuk datar. Bangun datar ini dapat dihitung keliling dan luasnya. Dalam matematika, mempelajari bangun datar penting untuk mengetahui luas, keliling, sudut, dan sifatnya. Contoh bangun datar yaitu persegi panjang, bujur sangkar, lingkaran, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang.

Bangun datar memiliki sisi dan daerah yang dibentuk dari pertemuan garis. Bentuk bangun datar ada yang beraturan dan tidak beraturan. Penamaan bangun datar ini disesuaikan dari titik sudut, jumlah sisi, dan sifatnya.

Beberapa bangun datar bisa digabungkan. Contohnya saja bentuk trapesium dan layang-layang. Selain itu bentuk bangun datar bisa diputar (rotasi), digeser (translasi), dicerminkan (refleksi), diperbesar, dan diperkecil.

Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Datar

Ciri- ciri dan sifat bangun datar simetris yaitu dapat dilipat, sehingga sisinya saling berhimpit. Ciri lain yaitu diagonalnya membagi bangun datar menjadi dua bagian sama besar. Jika bangun datar tidak saling berimpit maka bangun tersebut tidak simetris. Ciri bangun datar simetris ini bisa dilihat pada dadu. Proses pembuatan dadu terdiri dari persegi yang dibentuk menjadi satu. Ketika dibuka dan ditutup, bagian dadu berukuran sama.

Sifat Bangun Datar

  • Memiliki simetri putar tak terhingga
  • Simetri lipat dan sumbunya tidak terhingga
  • Tidak memiliki titik sudut
  • Mempunyai satu buah sisi

Contoh Bangun Datar dan Sifatnya

1. Persegi Panjang

Keliling persegi panjang
Keliling persegi panjang (Buku Mengenal Bangun Datar)

Persegi panjang merupakan bangun datar dua dimensi. Persegi panjang memiliki sepasang yang sejajar dan sama panjang. Berikut ciri-ciri dan sifat bangun datar persegi panjang, mengutip dari Gramedia.com:

  • Sisi persegi panjang saling tegak lurus
  • Ada dua sumbu simetri putar
  • Memiliki dua sumbu simetri lipat
  • Ada dua diagonal yang berpotongan sama panjang
  • Empat sudut siku-siku sama besar yaitu 900

2. Lingkaran

Lingkaran memiliki garis lengkung dan titik pusat. Lingkaran termasuk bangun datar yang disusun dari kurva dengan jarak sama.

Sifat dan Ciri Lingkaran:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...