Kelinci Termasuk Hewan yang Menggemaskan, Ini Karakteristiknya

Annisa Fianni Sisma
7 November 2022, 13:09
kelinci termasuk hewan
PEXEL
Ilustrasi, kelinci.

Kelinci merupakan hewan yang memiliki nama latin oryctolagus cuniculus. Kelinci termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae. Kelinci juga termasuk hewan herbivora yang mudah ditemui dimana saja.

Dalam ilmu biologi, kelinci termasuk dalam kelompok hewan pseudoruminansia atau herbivora yang tidak memiliki kemampuan mencerna serat secara sempurna. Berkaitan dengan kelinci, tentu menarik untuk mengenalnya lebih jauh. Berikut ini penjelasan terkait karakteristik kelinci selengkapnya.

Karakteristik Kelinci

1. Kelinci Termasuk Hewan yang Bernafas dengan Paru-Paru

Hewan yang identik dengan warna putih dan beberapa bercorak ini bernafas dengan paru-paru. Hal tersebut berarti kelinci hidup di daratan.

2. Kelinci Termasuk Hewan Vivipar

Selain itu, kelinci termasuk hewan vivipar atau mamalia. Hewan vivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Proses ini dilakukan oleh hewan betina.

Hewan vivipar memiliki karakteristik melahirkan dari induknya betina, memiliki kelenjar susu, mampu menyusui, tubuhnya dilapisi bulu dan memiliki daun telinga. Kelinci memiliki karakteristik tersebut.

3. Kelinci Termasuk Hewan yang Dapat Melahirkan Ribuan Bayi Setiap Tahun

Kelinci merupakan hewan yang menarik. Pasalnya, kelinci dapat melahirkan hingga 2040 bayi setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak yang membangun peternakan kelinci.

4. Kelinci Termasuk Hewan Nokturnal

Kelinci aktif pada malam hari. Penglihatannya semakin tajam ketika ia berada di ruangan yang remang-remang atau gelap. Posisi mata kelinci berada di sisi kanan dan kiri kepala. Hal ini membuatnya dapat melihat hingga 360 derajat.

5. Kelinci Termasuk Hewan Vertebrata

Kelinci termasuk hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang penopang tubuh. Kelinci memiliki tulang belakang yang lurus dari kepala hingga ekor. Karakteristik lainnya yakni memiliki kepala, leher, badan, dan ekor.

Tengkorak pada kepala terlihat lebih besar untuk melindungi otak. Hewan vertebrata juga memiliki dua pasang alat gerak tubuh. Selain itu,kelinci juga memiliki alat pernapasan berupa paru-paru dan alat pencernaan yang memanjang dari mulut hingga ke anus.

6. Kelinci Termasuk Hewan Herbivora

Seperti yang sudah dijelaskan, selain termasuk dalam hewan vivipar, kelinci termasuk hewan herbivora. Hewan herbivora adalah hewan yang memakan tumbuhan. Kelinci sangat menyukai sayur, biji, dan rumput.

Itulah 6 karakteristik kelinci yang menarik. Kelinci dapat menjadi hewan peliharaan. Manfaat memelihara kelinci adalah sebagai hiburan di waktu luang. Selain itu, kelinci juga dapat membantu melatih kedisiplinan agar terus bertanggung jawab merawatnya. Tingkahnya yang aktif dan menggemaskan dapat menghidupkan suasana rumah.

Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Berkaitan dengan pemeliharaan kelinci, kelinci juga dibagi menjadi kelinci hias dan kelinci pedaging. Kelinci hias merupakan kelinci yang biasanya dijadikan peliharaan. Kelinci hias termasuk hewan yang penurut.

Berbeda tujuannya dengan kelinci hias, kelinci pedaging adalah kelinci yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya agar dapat menjadi bahan utama masakan. Banyak hidangan yang berbahan dasar daging kelinci seperti sate kelinci dan gulai kelinci.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...