Memahami Pengertian Hewan Herbivora, Ciri-ciri, dan Contohnya

Siti Nur Aeni
14 Desember 2021, 16:23
Memahami Pengertian Hewan Herbivora, Ciri-ciri, dan Contohnya
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Pekerja membajak sawah menggunakan tenaga sapi di Kelurahan Bence, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (19/5/2021). Bajak sawah bertenaga sapi masih banyak dilakukan warga karena dinilai mampu membuat tanah lebih gembur dan biaya lebih murah dibandingkan menggunakan traktor.

Sapi, kambing, kerbau merupakan contoh hewan herbivora yang banyak dibudidayakan manusia. Pengelompokan tersebut berdasarkan pada jenis makanan yang dikonsumsi. Setidaknya ada tiga kelompok hewan jika dilihat dari jenis makannnya.

Ada hewan omnivora, karnivora, dan herbivora. Pengelompokan tersebut sangat penting sebab nantinya akan mempengaruhi rantai makanan di sebuah ekosistem.

Advertisement

Kali ini kita akan mengulas lebih lengkap tentang hewan herbivora mulai dari pengertian sampai contoh-contohnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Pengertian Hewan Herbivora

Berdasarkan penjelasan di buku “IPA SD Kelas IV”, hewan herbivora adalah kelompok hewan yang memakan tumbuhan. Makanan yang dikonsumsi hewan ini biasanya daun-daunan, biji-bijian, atau buah-buahan.

Hal serupa juga diterangkan dalam sumber.belajar.kemdikbud.go.id, yang menyebutkan bahwa herbivora adalah pemakan tumbuhan yang dalam tingkatan rantai makanan tergolong sebagai konsumen.

Kelompok ini biasanya hidup di padang rumput, hutan, dan pesawahan. Hewan ini juga biasanya hidup secara berkelompok dengan sesama jenisnya, sebagin juga ada yang berkeluarga seperti gajah dan anak-anaknya.

Hewan pemakan tumbuhan umumnya jinak dan biasanya banyak dikonsumsi manusia atau menjadi mangsa hewan karnivora. Beberapa hewan herbivora juga banyak dikembangbiakan manusia sebagai hewan ternak dan dimanfaatkan kulit, daging, atau susunya. Misalnya sapi, kambing, atau kerbau.

Ciri Ciri Hewan Herbivora

Hewan permakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus yang berbeda dibandingkan hewan karnivora ataupun omnivora. Mengutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, berikut ciri ciri hewan herbivora yang perlu kita ketahui:

  1. Makanan utamanya rumput atau tumbuhan.
  2. Merupakan hewan vivipar atau berkembang biak dengan cara beranak.
  3. Termasuk kelompok hewan mamalia.
  4. Sebagian besar hidup di darat.
  5. Berdarah panas.
  6. Memiliki gigi geraham yang lebar.
  7. Sebagian besar berkaki empat.
  8. Termasuk hewan vertebrata atau memiliki tulang belakang.
  9. Banyak dimanfaatkan manusia.
  10. Umumnya menjadi mangsa hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora

Beberapa hewan herbivora sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan manusia karena biasa dijadikan sebagai hewan ternak. Namun ternyata di alam bebas jenis binatang herbivora sangat beragam. Berikut beberapa jenis hewan herbivora yang ada di ekosistem.

1. Sapi

Contoh hewan herbivora yang pertama yaitu sapi. Menurut penjelasan di buku “Klasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanan”, sapi adalah hewan ternak dari suku Bovidae. Sapi merupakan hewan yang mengkonsumi rumput. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang bisa mencerna rerumputan dengan baik.

Sapi biasanya menjadi hewan tenrak yang dimanfaatkan susu dan diging untuk konsumsi manusia. Walaupun terkadang ada juga sapi yang dimanfaatkan tenaganya, misalnya untuk membajak sawah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement