Mengenal Sesar Lembang, Patahan yang Dikaitkan dengan Gempa Cianjur

Annisa Fianni Sisma
24 November 2022, 14:45
Sesar Lembang
destinasibandung.co.id
Ilustrasi, Sesar Lembang.

Sesar lembang adalah sesar yang terletak di Jawa Barat. Sesar Lembang kini tengah menjadi perbincangan dengan terjadinya gempa di Cianjur. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini penjelasan terkait sesar lembang.

Jawa Barat memang menjadi salah satu provinsi dengan sesar yang aktif di Indonesia, salah satu sesar yang aktif tersebut adalah Sesar Lembang. Sesar lainnya yakni sesar Baribis Kendeng, Sesar Ciremai, Sesar Cirebon, Sesar Cimandiri, dan Sesar Garsela.

Sesar Lembang adalah salah satu sesar yang aktif bergerak dan mampu menghasilkan gempa bumi. Tak hanya gempa bumi dengan magnitudo kecil, gempa bumi yang dihasilkan pun setidaknya memiliki kekuatan magnitudo 6.5 hingga 7.

Sesar lembang berusia kurang lebih 154.000 hingga 92.000 tahun. Pergeseran Sesar Lembang terjadi secara sinistral dengan ukuran 3-14 mm/tahun. Pergerakan ini sangat konsisten meskipun sangat kecil.

Jarak Aman Garis Sesar Lembang

Terdapat ketentuan terkait jarak aman dari garis sesar. Artinya, garis itu merupakan garis pengaman dan penegak ketentuan bahwa tidak boleh ada bangunan yang berdiri di atas maupun dalam koridor sesar.

Divisions of Mines and Geology USA menetapkan bahwa jarak aman sesar, adalah sejauh 150 meter (m) dari sesar utama dan 60m dari sesar kecil atau sesar cabangnya. Kemudian, Construction and Planning MOI Taiwan menyatakan, jika pernah ada gempa dengan magnitudo lebih dari 7, maka jarak aman dari garis sesar adalah 100 m di bagian kanan dan kiri sesar.

Selanjutnya, Housing and Urban-Rural Development Ministry of China menetapkan, jarak aman yang ada di sesar bervariasi sesuai kelas kontstruksinya. Jarak tersebut yakni 100 m, 200 m, dan 400 m dari garis sesar.

Panjang Sesar Lembang dan Bangunan di Sekitarnya

Sesar lembang memiliki panjang kurang lebih 29 kilometer (km). Secara administratif, Sesar Lembang ini membentang dua kecamatan di Kabupaten Bandung. Kedua kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cilengkrang dan Kecamatan Cimenyan.

Tak hanya itu, Sesar Lembang juga membentang di empat kecamatan di Kabupaten Bandung Barat yakni Kecamatan Lembang, Kecamatan Parongpong, Kecamatan Cisarua, dan Kecamatan Ngumprah. Oleh karena itulah Sesar Lembang ini dikenal sangat panjang.

Sesar Lembang terpanjang terletak di Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Panjang Sesar Lembang adalah 8.12 km di lokasi ini. Selain itu, Sesar Lembang terpanjang selanjutnya yakni di Desa Jambudipa sepanjang 7.53 km.

Sesar lembang terpendek terdapat di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Panjang Sesar Lembang terpendek ini adalah 0.08 km.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...