Ketua DPR Bantah Spekulasi Ada Pergantian Surpres Panglima TNI

Ade Rosman
28 November 2022, 20:00
DPR Terima Surpres Calon Panglima TNI, Jokowi Usul Nama Yudo Margono
Katadata
Surpres penunjukkan Panglima TNI

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan pihaknya baru menerima surat presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI hari ini, Senin (28/11).

Puan juga menepis kabar yang sebelumnya berhembus mengenai spekulasi bahwa surpres sudah dikirim ke parlemen namun diambil kembali karena adanya pergantian nama yang diusulkan Presiden Joko Widodo. 

"Ada spekulasi yang menyatakan bahwa surat sudah dikirim, tapi diambil kembali, dengan spekulasi bahwa jangan-jangan ada pergantian nama yang diusulkan presiden, tidak ada sama sekali. Surat baru diterima hari ini, dan secara langsung saya didampingi pimpinan DPR yang lain, menerima langsung dari bapak Mensesneg," kata Puan saat konferensi pers di kompleks Parlemen, Senin (28/11).

Pada kesempatan tersebut, Puan menyampaikan bahwa Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono secara resmi direkomendasikan presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember mendatang.

"Pada kesempatan ini saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono," kata Puan.

Puan menambahkan, dengan telah diumumkan secara resmi tersebut, maka Yudo bisa segera mengikuti proses serta mekanisme yang ada di DPR, yaitu fit and proper test oleh komisi terkait.

"DPR akan menindaklanjuti terkait dengan mekanismenya, di DPR untuk menugaskan komisi terkait atau komisi I untuk melaksanankan mekasnisme terkait dengan penggantian atau pengangkatan Panglima TNI baru," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...