ESDM Ajukan Anggaran Rp 340 Miliar untuk Bagikan Rice Cooker Gratis

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Desember 2022, 16:23
rice cooker gratis, kementerian esdm, esdm
Arief Kamaludin (Katadata)
Kementerian ESDM mengajukan anggaran Rp 340 miliar untuk membagikan rice cooker gratis kepada 680.000 penerima.

Kementerian ESDM mengusulkan alokasi pendanaan sebesar Rp 340 miliar untuk membagikan rice cooker gratis melalui program bantuan penanak nasi listrik atau PBPNL yang ditujukan bagi 680.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

Alokasi pendanan tersebut saat ini telah masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan tahun anggaran 2023.

Advertisement

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikkan, Dadan Kusdiana, menjelaskan meski PBPNL telah masuk ke dalam DIPA, alokasi pendanaan program bagi-bagi rice cooker gratis masih berstatus sebagai 'Output Cadangan'.

Artinya, belum bisa secara langsung digunakan sebelum dipenuhinya beberapa persyaratan seperti Dasar Hukum Pelaksanaan Program dan Kajian Teknis Pendukung Program.

"Kedua persyaratan tersebut menjadi ketentuan minimal bagi Bappenas dan Kementerian Keuangan untuk menyetujui pelaksanaan program E-Cooking dengan target buka blokir hingga Awal April 2023," kata Dadan kepada Katadata.co.id, Kamis (1/12).

Pada kesempatan tersebut, Dadan menerangkan bahwa pelaksanaan program bagi-bagi rice cooker gratis ditujukan untuk mengurangi impor LPG dan mendukung program pengurangan emisi gas rumah kaca.

"Sebagai salah satu upaya transisi menuju energi bersih serta mendukung program presiden dalam pemanfaatan energi bersih yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat," ujar Dadan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement