Kemenkes Siapkan 2.500 Beasiswa Untuk Tambah Jumlah Dokter Spesialis

Happy Fajrian
13 Desember 2022, 20:30
dokter spesialis, beasiswa, pendidikan dokter, kemenkes
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/hp.
Ilustrasi dokter spesialis.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah dokter spesialis di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut saat ini Indonesia mengalami krisis ketersediaan dokter spesialis karena kurangnya angka produksi dan tidak meratanya distribusi dokter spesialis ke seluruh fasilitas layanan kesehatan di Indonesia.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Keuangan akan menambah jumlah penerima beasiswa pendidikan dokter spesialis menjadi 2.500 beasiswa pada 2023. Beasiswa tersebut untuk dokter spesialis, sub-spesialis, termasuk fellowship lulusan luar negeri.

“Krisis dokter spesialis ini tidak cukup mampu untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu kita butuh melakukan pembaharuan sistem untuk meningkatkan jumlah produksi serta upaya pemerataan dokter spesialis di seluruh kabupaten/kota di Indonesia,” kata Menkes dalam Dialog Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Pendayagunaan Dokter Spesialis di Jakarta pada Selasa (13/12).

Hal ini merupakan implementasi dari transformasi sistem kesehatan pilar kelima yakni transformasi sumber daya manusia kesehatan. Beasiswa pendidikan ini diharapkan dapat mempercepat pemenuhan jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis yang nantinya dapat tersebar secara merata di seluruh pelosok Tanah Air.

“Semua ini kita upayakan agar masyarakat Indonesia mendapat layanan kesehatan yang lebih baik ke depannya,” kata Menkes.

Berdasarkan data WHO, rasio kebutuhan dokter untuk warga negara Indonesia adalah 1:1000. Sedangkan rasio untuk negara maju ada di angka 3:1000 dokter, bahkan beberapa negara berupaya mencapai rasio sebanyak 5:1000 dokter. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...