Di KTT Uni Eropa, Jokowi Minta Tak Ada Pemaksaan Kepada Negara Lain

Andi M. Arief
15 Desember 2022, 12:04
jokowi, uni eropa, hilirisasi
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT UE ASEAN di Brussels, Belgia, Rabu (14/12). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Uni Eropa-ASEAN di Brussel, Belgia. Kepala Negara memberikan penekanan pada kesetaraan posisi dalam perdagangan dan strategi hilirisasi di Indonesia.

Jokowi mengatakan hubungan ASEAN tidak selalu diwarnai dengan kesepakatan. Oleh sebab itu ia mengajak dua kawasan untuk bermitra dengan baik dan saling menghormati.

"Tak boleh ada pemaksaan, ada yang mendikte, dan menganggap 'my standard better than yours'," kata Jokowi dalam pembukaan KTT UE-ASEAN seperti disiarkan dalam Youtube, Kamis (15/12).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan Kepala Negara memberikan penekanan pada kesetaraan posisi dalam perdagangan dan strategi hilirisasi di Indonesia.

Retno mengatakan Presiden Jokowi mengingatkan para kepala negara di Uni Eropa untuk mengedepankan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan. Ketiga prinsip tersebut dinilai harus menjadi dasar dalam kemitraan Asean dan Uni Eropa.

"Presiden menjelaskan pola pikir my standard is better than yours harus diganti," ujar Retno.

Jokowi juga mengatakan ASEAN akan menjadi pusat ekonomi dunia dan mitra dagang yang baik bagi negara-negara di Uni Eropa. Hal tersebut tercermin dalam penelitian yang dilakukan oleh EU-Asean Business Council.

"63% responden melihat Asean sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik dan 69% responden mengharapkan pasar Asean jadi penting dari aspek pendapatan global dalam 3 tahun ke depan," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...