Bertemu Petinggi Uni Eropa, Menlu Retno Jelaskan KUHP Terbaru

Andi M. Arief
15 Desember 2022, 16:06
kuhp, uni eropa, retno marsudi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi menjawab pertanyaan pembawa acara Podcast Antara Rully Yuliardi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi bertemu dengan Representatif Tingkat Tinggi maupun Wakil Presiden atau HRVP Uni Eropa yakni Josep Borrell. Setidaknya ada lima poin yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut, salah satunya hasil Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau RKUHP.

Retno mengatakan ada lima poin yang dibahas dalam pertemuannya dengan HRVP Uni Eropa. Ada empat isu internasional yang dibicarakan dengan Borrell.

"Saya menyampaikan penjelasan KUHP Indonesia yang jadi perhatian banyak pihak," kata Retno dalam Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/12). Meski demikian, Retno tak menjelaskan apa respons Uni Eropa mengenai aturan pidana terbaru RI ini.

Selain itu, Retno membahas kondisi perang di Ukraina dan proyeksi perang tersebut di masa depan. Ia juga mendorong percepatan penyelesaian negosiasi terkait Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau CEPA antara Indonesia dan Uni Eropa. 

Berikutnya, Retno menjelaskan poin-poin apa yang akan menjadi perhatian pemerintah Indonesia saat menjadi Ketua Asean pada 2023. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan tema keketuaan Asean 2023, yakni Asean Matters: Epicentrum of Growth.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...