Cerita Korban Kebakaran Pertamina Plumpang, Rumahnya Bersebelahan Depo

Yuliawati
Oleh Yuliawati
4 Maret 2023, 11:54
Pemukiman warga hangus terbakar akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Pemukiman warga hangus terbakar akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Kebakaran hebat terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3). Hingga kini, peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan 17 orang meninggal dunia dan 1.085 warga yang tinggal di sekitar Depo Pertamina Plumpang mengungsi.

Salah satu korban bernama Hadi (30), tinggal bersebelahan dengan Depo Pertamina Plumpang. Dia merupakan warga Jalan Tanah Merah Bawah, Koja, Jakarta Utara. Tempat tinggalnya hanya terpisah tembok dengan depo.

Kakak ipar Hadi, Siti Maimunah, menjelaskan saat terdengar ledakan, Hadi tengah menonton TV di rumah kontrakannya yang berdekatan dengan depo Pertamina itu. "Batasnya hanya tembok dengan depo Pertamina," ujar Siti Maimunah di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (4/3).

Hadi sempat melarikan diri saat terdengar ledakan pertama di depo tersebut. "Adik saya (Hadi) sempat melarikan diri bersama keluarga yang lain saat terjadi ledakan pertama di depo Pertamina tersebut," kata Kakak ipar Hadi, Siti Maimunah di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Namun Hadi kembali masuk ke rumah untuk mengambil barang-barang yang tertinggal. Namun naas, pada ledakan kedua yang lebih besar, Hadi tak kunjung keluar. "Mungkin sudah menghirup bau bensin membuat Hadi lemas," kata Siti.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...