BMKG: Hati-hati Hujan Petir Berpotensi Landa Wilayah Jakarta Hari Ini

Ira Guslina Sufa
6 Maret 2023, 06:02
BMKG prediksi hujan
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Pengendara melintasi jalan yang tergenang saat hujan di Jalan Raya Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat berhati-hati atas potensi hujan petir disertai angin kencang di sebagian wilayah DKI Jakarta pada siang hari. Dalam laman resminya, BMKG mengeluarkan peringatan waspada untuk masyarakat di wilayang Jakarta. 

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur siang hari,” tulis BMKG seperti dikutip Senin (6/3). 

Cuaca pada pagi hari di seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan cerah berawan. Kemudian pada siang hari, cuaca sebagian besar wilayah Jakarta diperkirakan hujan yakni di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan dengan intensitas sedang.

Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diperkirakan hujan ringan. Sedangkan wilayah Kepulauan Seribu diperkirakan berawan.

Sementara itu, pada malam hingga dini hari cuaca seluruh wilayah DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu diperkirakan berawan. Suhu udara diperkirakan berada pada kisaran 24 hingga 32 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran minimum 75 hingga 95 persen.

Prakiraan Cuaca Wilayah Indonesia 

Di sisi lain, BMKG memperkirakan dua bibit siklon tropis yakni 97S dan 98S mempengaruhi cuaca dan gelombang laut di beberapa wilayah timur dan barat Indonesia. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan dua bibit siklon itu diperkirakan memiliki kategori rendah untuk menjadi siklon tropis.

Berdasarkan analisis BMKG melalui Pusat Peringatan Siklon Tropis Jakarta (TCWC) yang diperbarui pada Minggu (5/3) pukul 07.00 WIB, bibit siklon tropis 97S terbentuk di Teluk Carpentaria, Australia. Bibit siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum 20 knots atau 37 kilometer per jam dengan tekanan udara di pusatnya mencapai 1006 milibar. Sedangkan bibit siklon tropis 98S terbentuk di Laut Natuna, sebelah barat daya Pontianak.

BMKG memperkirakan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 37 kilometer per jam dengan tekanan udara di pusatnya mencapai 1009 mb. Meski pun terbentuk di wilayah Australia, bibit siklon tropis 97S berdampak tidak langsung terhadap cuaca dan gelombang laut di wilayah Indonesia bagian timur.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...