Top News: Membandingkan Tarif Ojol, Warganet Beli Agya Rp 1 di Shopee

Aryo Widhy Wicaksono
5 April 2023, 05:41
Pengemudi ojek online (ojol) melintas di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (9/9/2022).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Pengemudi ojek online (ojol) melintas di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Platform teknologi yang menyediakan transportasi ojek online semakin bervariasi, sehingga membuat tarif perjalanan semakin kompetitif. Berapa perbandingan tarif taksi dan ojek online di Gojek, Grab, Maxim, dan inDrive?

Jawaban terhadap pertanyaan tersebut menjadi artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Selasa (4/4). Selain itu, simak juga berita mengenai 5 warganet yang berhasil membeli Agya seharga Rp 1, dan daftar mudik gratis yang masih
dibuka.

Berikut top news Katadata.co.id:

1. Perbandingan Tarif Taksi dan Ojek Online Gojek, Grab, Maxim, inDrive

Sebuah riset dari mahasiswa doktoral London School of Economic, Muhammad Yorga Permana, terhadap 1.000 kurir dan pengemudi ojek online (ojol) menunjukkan 66% dari mereka ingin menjadi pekerja kantoran.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap ojol di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 2021 - 2022.

Sebelumnya survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, rata-rata pengemudi ojek online atau ojol bekerja 6 – 12 jam per hari. Sedangkan penghasilan mereka pas-pasan.

Survei itu juga menunjukkan, pengemudi ojek online atau ojol mencatatkan penurunan pesanan dari 5 – 10 per hari menjadi di bawah lima.

2. Daftar Mudik Gratis Lebaran 2023 yang Masih Dibuka

Sejumlah instansi menyelenggarakan mudik gratis bagi warga yang ingin pulang ke kampung halamannya selama masa mudik lebaran 2023. Sebagian pendaftaran mudik gratis tersebut sudah tutup atau memenuhi kuota, namun ada juga yang masih berlangsung.

Menurut hasil survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi, jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Survei tersebut juga memprediksi, Jawa Tengah merupakan daerah tujuan mudik Lebaran 2023 terbanyak tahun ini. Jumlahnya mencapai 32,75 juta orang atau 26,45% dari total pergerakan masyarakat pada musim mudik tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...