Biaya Mudik Jakarta-Yogyakarta dengan Mobil Capai Rp 2,8 juta

Nadya Zahira
17 April 2023, 13:09
Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api mereka di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4/2023). Salah satu tuuan mudik utama yakni dari Jakarta menuju Yogyakarta.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU
Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api mereka di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4/2023).

Salah satu tujuan mudik utama yakni dari Jakarta menuju Yogyakarta. Berdasarkan perhitungan Katadata.co.id, biaya mudik Jakarta-Yogyakarta mencapai Rp 2,8 juta bila menggunakan mobil SUV dengan BBM jenis Pertamax.

Secara rinci, biaya tol yang dibutuhkan untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta pulang-pergi yakni mencapai Rp 888.000. Bila pemudik menggunakan mobil SUV, maka biaya BBM Jakarta-Yogyakarta pulang-pergi yang dibutuhkan sekitar Rp 1.949.780. Sehingga total biaya mudik yang terdiri dari tarif tol dan BBM untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta pulang-pergi sebesar Rp 2,8 juta.

Biaya BBM ini berbeda untuk tiap jenis kendaraan. Secara umum, ada tiga jenis kendaraan pribadi yang digunakan oleh masyarakat, yakni low cost green cost atau LCGC, sport utility vehicle atau SUV, dan multiple pupose vehicle atau MPV.

Secara rata-rata, tangki BBM mobil SUV memiliki kapasitas terbesar atau sekitar 80 liter, sedangkan MPV sebanyak 60 liter, dan LCGC sejumlah 36 liter.

Pemudik dengan kendaraan LCGC harus mengisi full tangkinya sebanyak dua kali dengan asumsi ada sisa BBM sebanyak 20% di dalam tangki. Sementara itu, kendaraan SUV dan MPV hanya harus mengisi kembali tangkinya lagi jika menuju Yogyakarta.

Berikut asumsi, bahan bakar per jenis kendaraan berdasarkan tujuan jika menggunakan Pertamax sebagai BBM:

LCGC
Jakarta-Yogyakarta: 48,12 liter (Rp 639.996)

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...