Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani Dengan Baik

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
23 April 2023, 12:32
Petugas mengisi bahan bakar minyak kendaraan pemudik di pertashop rest area 287 A jalan tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memprediksi konsumsi BBM wilayah Jawa Tengah m
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.
Petugas mengisi bahan bakar minyak kendaraan pemudik di pertashop rest area 287 A jalan tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memprediksi konsumsi BBM wilayah Jawa Tengah mengalami peningkatan mencapai 40 persen dibandingkan harian normal pada Februari dari 1.648 kiloliter menjadi 2.302 kiloliter (KL).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina menjaga keamanan stok BBM selama kegiatan mudik. Berdasarkan hasil monitoring Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC), terlihat puncak arus mudik terjadi pada H-2 Idulfitri, yaitu pada Kamis (20/4). 

“Alhamdulillah berhasil kita tangani dengan baik, tidak ada kelangkaan BBM di jalur-jalur mudik, stok BBM juga terjaga aman,” ujar Nicke di Jakarta, Sabtu malam (22/4), dalam keterangan tertulis.

Nicke menambahkan, laporan dari PIEDCC dikeluarkan setiap hari sehingga bisa terus dimonitor secara langsung. Setelah berhasil mengamankan stok BBM saat arus mudik, Pertamina akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah tujuan mudik dan daerah wisata.

“Tiga hari ini kita akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah-daerah tujuan mudik dan daerah-daerah wisata, dan selanjutnya kita akan siap-siap menyambut arus balik,” katanya.

Nicke juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membeli BBM, dapat menggunakan metode pembayaran nontunai untuk mempercepat antrian di SPBU.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat menggunakan pembayaran cashless untuk pembelian BBM, supaya transaksi lebih cepat dan aman, serta tidak terjadi antrian di SPBU,” pungkas Nicke.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...