Top News: Peringatan BMKG soal Sinar UV, Hindari Puncak Arus Balik

Aryo Widhy Wicaksono
25 April 2023, 06:05
Sejumlah suporter Indonesia menggunakan kardus untuk menghalau sinar matahari di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Sejumlah suporter Indonesia menggunakan kardus untuk menghalau sinar matahari di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).

Kondisi cuaca di Indonesia mulai beralih dari musim penghujan menuju musim panas. Pada beberapa pekan terakhir, panas matahari bagi sebagian daerah terasa lebih menyengat dari sebelumnya.

Terkait dengan masa peralihan musim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan mengenai bahaya dari paparan sinar ultraviolet atau UV dari matahari, yang sedang berada pada level sangat berbahaya.

Isu mengenai sinar UV yang membahayakan ini menjadi artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Senin (24/4).

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. BMKG Peringatkan Paparan UV RI di Level Bahaya Hingga 3 Hari ke Depan

BMKG memperingatkan agar masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan, terutama mulai pukul 10 pagi hingga pukul 16 sore.

Dikutip dari laman resmi BMKG, sinar matahari yang kurang dapat mempengaruhi mood dan meningkatkan ancaman kekurangan vitamin D. Namun jika menerima paparan sinar matahari yang berlebihan terutama dengan indeks UV yang tinggi, akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

BMKG menjelaskan bahwa indeks UV adalah angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultraviolet yang berkaitan dengan kesehatan manusia. Dan, dapat memantau tingkat sinar ultraviolet yang bermanfaat dan yang dapat memberikan bahaya.

Menurut laporan BMKG, indeks UV mulai mencapai level risiko bahaya tinggi atau “Oranye” pada pukul 10.00 WIB, dan akan mencapai level risiko bahaya sangat tinggi “Merah” hingga ekstrem “Ungu” pada pukul 11.00-12.00 WIB yang cukup merata di seluruh wilayah Indonesia.

Simak penjelasan menyeluruh dari BMKG mengenai sinar UV di level bahaya.

2. Urai Arus Balik, Jokowi Imbau ASN, TNI dan Polri Liburan Lebih Lama

Presiden Joko Widodo mengimbau aparatur sipil negara atau ASN untuk berada di kampung halaman lebih lama selama Mudik Lebaran 2023.

Hal tersebut juga berlaku pada aparat TNI dan Kepolisian dengan tujuan mengurai lalu lintas pada Arus Balik Lebaran 2023 ke Jabodetabek.

Jokowi mencatat jumlah kendaraan yang melalui Tol Jakarta-Cikampek pada puncak Arus Balik Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 203.000 per hari.

Seluruh kendaraan tersebut berasal dari arah Tol Trans Jawa dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi. Menurutnya, puncak arus balik akan terjadi pada 24-26 April 2023. Oleh karena itu, Kepala Negara mengimbau pegawai negara yang mudik untuk kembali setelah tanggal tersebut.

Pantau imbauan Jokowi secara lengkap mengenai urai arus balik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...