Gempa Mentawai, Evakuasi Kecelakaan Kapal Kala Alarm Tsunami Aktif

Andrea Lidwina
25 April 2023, 20:32
Ilustrasi gempa. Gempa mengguncang Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat pada Selasa (25/4) dini hari. Gempa Mentawai itu berpotensi tsunami.
Pixabay
Ilustrasi gempa. Gempa mengguncang Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat pada Selasa (25/4) dini hari. Gempa Mentawai itu berpotensi tsunami.

Dua jam sebelum terjadinya gempa di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pada Selasa (25/4) dini hari, tim Search and Rescue (SAR) gabungan tengah menempuh perjalanan dari Dermaga Tuapejat ke Pulau Awera. Tepat pukul 00.20 mereka menerima informasi kecelakaan kapal di sekitar pulau yang berada di Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai.

Kepala SAR Kabupaten Kepulauan Mentawai Akmal mengatakan kapal putih yang belakangan diketahui bernama Saraina itu mengalami mati mesin. Di kapal itu terdapat dua orang anak buah kapal (ABK) dan empat orang warga negara asing (WNA) berkewarganegaraan Brasil dan Australia.

Saat itu, kata Akmal, kapal yang telah rusak sebelumnya, terbawa arus ke tepi. "Hampir kandas ke karang," kata Akmal kepada Katadata.co.id, Selasa (25/4).

Cuaca saat itu tak terlalu menjadi perintang bagi proses evakuasi. Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, dan tim medis dengan mudah dapat mengevakuasi awak dan penumpang kapal Saraina.

Proses evakuasi berjalan lancar. Enam orang yang berada di kapal Saraina ditemukan dalam keadaan selamat. Seluruh anggota tim yang terjun ke lapangan untuk mengevakuasi, merasa senang dan lega karena dapat menyelamatkan seluruh korban.

Tapi, tak ada yang menduga ketika dalam perjalanan kembali ke Dermaga Tuapejat, gempa berkekuatan M 6,9 mengguncang Kepulauan Mentawai pada pukul 03.00 WIB. Gempa itu disusul dengan peringatan dini tsunami.

Menurut Akmal, saat terjadi gempa, ia langsung mengarahkan seluruh petugas untuk segera kembali ke dermaga. "Saya arahkan secepatnya untuk kembali ke dermaga," kata dia.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...