Luhut Imbau Pemda Bersiap Hadapi Fenomena El Nino Agustus Mendatang

Lavinda
Oleh Lavinda
27 April 2023, 11:34
El Nino
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah mulai bersiap menghadapi fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut, yang diperkirakan berlangsung Agustus 2023 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisasi Meteorologi Dunia menyatakan, fenomena La Nina yang telah terjadi selama tiga tahun berturut-turut dan membawa cuaca lebih basah akhirnya telah berakhir, sebagai gantinya El Nino akan membawa suhu menjadi tinggi sehingga membuat cuaca menjadi lebih kering.

Berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi, suhu laut juga telah mencapai rekor tertingginya setelah terakhir terjadi pada tahun 2016 yang lalu. Belum lagi gelombang panas yang mendorong rekor suhu tertinggi di Asia akhir-akhir ini.

"Dari pemodelan cuaca yang kami dapatkan El Nino diprediksi akan terjadi pada Agustus 2023, meski ketidakpastian tingkat keparahan El Nino masih sangat tinggi," tulis Luhut di akun instagram resmi miliknya, Rabu (26/4).

Untuk itu, dia mengimbau para pemangku kepentingan untuk bersiap dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun. "Saya meminta seluruh K/L terkait juga pemerintah daerah untuk mulai bersiap sejak dini, memperhitungkan segala langkah yang mesti ditempuh agar pengalaman buruk delapan tahun lalu tidak terulang kembali," tegas Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...