Menilik Dampak Pengangguran Terhadap Masyarakat dan Negara

Annisa Fianni Sisma
4 Mei 2023, 12:55
pengangguran
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Ilustrasi, seorang pencari kerja merapikan berkas pendaftaran sebelum memasuki area Job Fair, Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/3/2023).

Pengangguran menjadi salah satu fenomena umum yang terjadi di masyarakat. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan juga menyebabkan banyak dampak pengangguran.

Pada umumnya, pengangguran merupakan seseorang yang memasuki angkatan kerja tetapi tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran dapat merupakan seseorang yang sedang mencari kerja maupun tidak bekerja sama sekali ketika sudah masuk usia angkatan kerja.

Usia angkatan kerja tersebut yakni 15 hingga 65 tahun yang ingin memperoleh pekerjaan tetapi belum mendapatkannya. Untuk memahami dampak pengangguran terhadap berbagai aspek, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Pengangguran Terhadap Masyarakat Umum

Dampak Pengangguran
Ilustrasi, Angkatan Kerja - Dampak Pengangguran (Pexels)
 

Pengangguran memiliki dampak terhadap masyarakat umum. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasannya lebih lanjut.

1. Sulitnya Memenuhi Kebutuhan Hidup

Pengangguran juga merupakan manusia, sehingga perlu dipenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan bekerja, tetapi jika tidak memiliki pekerjaan, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada orang lain. Hal ini menjadi dampak pengangguran yang umum dan mendasar di masyarakat.

2. Meningkatkan Angka Kemiskinan

Tak hanya itu, pengangguran juga meningkatkan kemiskinan di kalangannya. Alasannya, pengangguran tidak memperoleh penghasilan untuk hidup dan menyejahterakan diri serta keluarganya. Dampak pengangguran ini dapat diminimalisir jika seseorang mulai membuka usaha secara bertahap agar tetap produktif.

3. Meningkatkan Tindak Kejahatan di Masyarakat

Kemudian dampak pengangguran lainnya yakni dapat memicu tingkat kejahatan di masyarakat. Jika seseorang merasakan kesulitan secara perekonomian dalam waktu yang berkepanjangan, maka seseorang tersebut akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contohnya yakni ketika seseorang kesulitan memperoleh bahan makanan sementara anak dan keluarga lain di rumah membutuhkannya, maka ia akan berusaha memperolehnya. Ketika kondisi seseorang tersebut tidak memiliki dana untuk memperolehnya dengan cara yang benar, ia akan melakukan apapun untuk mendapatkannya meski dengan cara yang tercela.

Dampak Pengangguran
Dampak Pengangguran (Pexels)

4. Beban Psikologis Diri Sendiri Maupun Keluarga

Ada kalanya status pengangguran menjadi beban diri sendiri maupun keluarga. Bagi diri sendiri, tingkat kepercayaan diri akan cenderung menurun jika hari demi hari semakin tidak produktif.

Selain itu, ada pula perasaan ketika menginginkan sesuatu tetapi tidak dapat memperolehnya karena tidak memiliki dana yang cukup. Oleh sebab itulah, dampak pengangguran salah satunya yakni beban psikologis terhadap diri sendiri.

Berikutnya, ada pun beban psikologis tersebut muncul terhadap anggota keluarga. Terkadang orang tua atau anggota keluarga lainnya merasa kesulitan atau muncul perasaan malu jika ada anggota keluarga lainnya yang enggan bekerja sehingga menjadi pengangguran.

Namun fenomena ini seharusnya tidak berlaku bagi angkatan kerja yang berusaha keras mencari pekerjaan atau mengerti tujuan hidupnya. Pasalnya, pengangguran karena sedang berusaha keras dengan pengangguran yang enggan bekerja dan merepotkan orang lain adalah fenomena yang sangat jauh berbeda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...