Memahami Pengangguran Terbuka, Pengertian dan Unsur-unsurnya

Annisa Fianni Sisma
4 Mei 2023, 11:15
pengangguran, pengangguran terbuka
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/nym.
Ilustrasi, sejumlah pencari kerja menyiapkan berkas saat akan mengajukan lamaran dalam Pameran Bursa Kerja di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Padang, Rabu (8/3/2023).

Berdasarkan status pekerjaan dan usia, penduduk Indonesia dapat dikategorikan dalam berbagai macam istilah. Berkenaan dengan itu, menarik memahami maksud pengangguran terbuka adalah salah satu kategori tersebut.

Contoh istilah untuk mengkategorikan penduduk Indonesia yakni penduduk usia kerja, penduduk angkatan kerja, penduduk yang bukan angkatan kerja. Kemudian ada pula istilah pengangguran terbuka yang jarang diketahui banyak orang.

Pada dasarnya, pengangguran merupakan penduduk yang telah memasuki usia angkatan kerja yakni 15 hingga 65 tahun tetapi belum dapat pekerjaan. Untuk mengetahui penjelasan dari pengangguran terbuka adalah kategori penduduk Indonesia, simak ulasan lengkapnya dalam penjelasan berikut yang melansir dari Badan Pusat Statistik (BPS):

Pengertian Pengangguran Terbuka

Pengangguran Terbuka Adalah
Pengangguran Terbuka Adalah (Pexels)
 

Pengangguran terbuka adalah kategori penduduk Indonesia yang terdiri dari empat macam. Keempat macam penduduk ini memiliki kriteria masing-masing yakni sebagai berikut:

  1. Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan dan mencari pekerjaan.
  2. Penduduk yang tidak punya pekerjaan dan mempersiapkan usaha.
  3. Penduduk yang tidak memiliki usaha dan tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan.
  4. Penduduk yang sudah memiliki pekerjaan tetapi belum mulai bekerja.

Unsur-unsur dalam Pengangguran Terbuka

Pengangguran Terbuka Adalah
Pengangguran Terbuka Adalah (Pexels)

Setelah mengetahui penjelasan dan empat kategori pengangguran terbuka, di dalamnya terdapat unsur-unsur yang menegaskan pengertian masing-masing. Berkaitan dengan itu, simak unsur-unsur pengangguran terbuka adalah sebagai berikut.

1. Unsur Mencari Pekerjaan

Penduduk yang sedang mencari pekerjaan yakni dapat berupa penduduk yang belum pernah bekerja dan sedang berusaha memperoleh pekerjaan. Selain itu, ada pula penduduk yang sudah pernah bekerja dan kemudian berhenti atau diberhentikan karena suatu hal dan masih berusaha memperoleh pekerjaan.

Selanjutnya ada pula penduduk yang memiliki pekerjaan tetapi karena sesuatu membuatnya berusaha memperoleh pekerjaan yang lainnya. Usaha mencari pekerjaan ini tidak terbatas dalam waktu tertentu.

Namun perli diketahui, penduduk yang telah memiliki pekerjaan dan sedang bekerja kemudian ia juga berusaha mendapatkan pekerjaan yang lain, tidak dapat disebut sebagai penganggur terbuka. Penduduk tersebut disebut sebagai pekerja.

2. Unsur Mempersiapkan Suatu Usaha

Kegiatan mempersiakan suatu usaha adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mempersiapkan pekerjaan/usaha yang baru. Tujuannya yakni memperoleh penghasilan atau keuntungan atas risiko sendiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...