Wapres Minta Pandangan NU hingga MUI untuk Usut Kontroversi Al-Zaytun

Andi M. Arief
20 Juni 2023, 17:45
al-zaytun, wapres, ma'ruf amin
ANTARA FOTO/Khalis Surry/rwa.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) menyampaikan materi kuliah umum tentang ekonomi syariah di hadapan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Aceh, Kamis (30/3/2023).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan akan melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD soal kontroversi penyimpangan Pondok Pesantren Al-Zaytun. 

Selain itu, Ma'ruf berencana meminta pandangan dari beberapa organisasi masyarakat agama Islam, seperti Nahdlatul Ulama Jawa Barat, Persatuan Islam, dan Majelis Ulama Indonesia. Ma'ruf mengatakan akan mengkaji hasil rapat dan pandangan tersebut untuk menyikapi Al-Zaytun.

"Nanti setelah kami kaji bahwa itu memang sudah ada penyimpangan atau tidak, tentu akan ada rapat koordinasi di pihak Menko Polhukam dengan Kementerian Agama," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Selasa (20/6).

Sedangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membentuk tim investigasi untuk menuntaskan dugaan penyimpangan di Al-Zaytun. Tim ini terdiri dari MUI Pusat, MUI Jawa Barat, Kementerian Agama, Kepolisian, dan Kejaksaan.

Tim akan bekerja selama sepekan dan akan bekerja untuk mengonfirmasikan kabar yang ada. Tim juga akan merespons keresahan masyarakat dan mengumpulkan data lengkap terkait ponpes tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...