Top News: Perbandingan Pesangon Startup Digital, Insentif Ojol Turun

Aryo Widhy Wicaksono
23 Juni 2023, 05:55
Ilustrasi pesangon karyawan
Pexels
Ilustrasi pesangon karyawan

Gelombang pemutusan hubungan kerja atau PHK massal pada perusahaan digital besar seperti Grab, GoTo Gojek Tokopedia, dan Sea Ltd sebagai induk dari Shopee, telah mengakibatkan hampir 10 ribu pegawai kehilangan pekerjaan.

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pegawai yang terkena PHK, setiap perusahaan tersebut memberikan pesangon.

Berita mengenai perbandingan pesangon pegawai di Grab, GoTo Gojek Tokopedia dan Sea Ltd menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Kamis (22/9).

Selain itu, simak juga artikel menarik lainnya seperti pendapatan asosiasi mitra pengemudi ojek online alias ojol saat perusahaan mengurangi insentif, serta JP Morgan sekuritas yang menurunkan peringkat saham Astra international.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Perbandingan Pesangon Ribuan Pekerja yang Di-PHK GoTo, Grab, Shopee

Grab melakukan PHK terhadap lebih dari 1.000 pegawai. Ini menjadi yang terbesar sejak pandemi corona. Decacorn yang berbasis di Singapura itu melakukan PHK terhadap 5% pegawai atau sekitar 360 orang pada 2020.

Sebelumnya, GoTo Gojek Tokopedia melakukan PHK terhadap 1.300 pegawai pada November 2022. Lalu memangkas 600 pekerja pada Maret

Berdasarkan laporan RevoU, Shopee melakukan PHK terhadap 6.503 karyawan selama Mei 2022 – Mei 2023. Jumlah pegawai turun 14,8%. Sementara berdasarkan laporan Bloomberg, induk Shopee yakni Sea Ltd dikabarkan melakukan PHK terhadap 7.000 karyawan sejak pertengahan 2022.

Simak perbandingan pesangon yang diberikan.

2. Susul Gojek dan Grab, inDrive Sewakan Motor Listrik untuk Ojek Online

Gojek dan Grab telah menyediakan layanan sewa motor listrik bagi mitra pengemudi ojek online alias ojol. Kini salah satu pesaing mereka, inDrive, mengikuti langkah dua startup jumbo dengan strategi serupa.

inDrive menggandeng IVITECH.Drive untuk menyediakan motor listrik bagi mitra pengemudi di Indonesia. Program yang disebut rent-to-own ini, memungkinkan pengemudi ojol menyewa motor listrik dengan biaya Rp 33.300 per hari.

Baca lebih lengkap mengenai cara inDrive menyewakan motor listrik untuk ojol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...