Reshuffle Kabinet Dinilai Upaya Jokowi jadi 'King Maker' di Pilpres

Ade Rosman
17 Juli 2023, 10:30
Jokowi
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri dan wakil menteri hari ini, Senin (17/7). Keputusan perombakan kabinet ini dinilai jadi langkah awal Jokowi mengupayakan menjadi ‘king maker’ di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional Adib Miftahul menilai, keputusan perombakan Kabinet Indonesia Maju hari ini merupakan upaya Jokowi untuk membangun gerbong politik yang tidak terafiliasi dengan partai politik. Hal itu tergambar dari diangkatnya Wakil Menteri Desa PDTT atau Wamendes Budi Arie menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny Gerard Plate.

Sebelum masuk di kabinet Jokowi, Budi Arie merupakan Ketua Umum Pro Jokowi alias Projo yang menjadi loyalis Jokowi. Lewat Projo ia kerap menyatakan sikap yang berada di barisan depan membela Jokowi yang terkadang berseberangan dengan partai pendukung Jokowi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.   

“Budi Arie ketua Projo ini dilantik saya kira bahwa Jokowi itu sebenarnya ingin menjadi king maker di 2024,” kata Adib, saat dihubungi, Senin (17/7).

Meski waktu menjabat yang tersisa bagi para menteri yang baru dilantik hari ini sekitar kurang dari satu tahun lagi, Adib mengatakan bahwa pesan bagi-bagi kekuasaan masih jelas terlihat. Ia menilai Jokowi berusaha memainkan momentum politik, mengafirmasi, mengakomodir kepentingan kepentingan kelompok pendukung. 

“Ini bagian dari bagaimana Pak Jokowi membuat gerbong politik untuk menentukan, untuk membuat bagaimana dukungan untuk Pilpres 2024,” kata Adib.

Perkecil Pengaruh Partai

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah sependapat dengan Adib. Ia menyebut pilihan Jokowi mengangkat Budi Arief menjadi menteri menguatkan dugaan jika hutang jasa Presiden pada tim pemenangan di 2019 belum tuntas. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...