Anies Senang Jokowi Tanya Siapa Cawapres yang Ia Pilih pada Paloh

Ade Rosman
20 Juli 2023, 19:43
Anies Baswedan
Katadata - Muhammad Zaenuddin
Anies Baswedan

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menanggapi pernyataan Surya Paloh yang mengaku ditanya Presiden Joko Widodo terkait siapa sosok calon wakil presiden pendampingnya. Anies menilai pertanyaan itu mencerminkan cairnya komunikasi di antara tokoh nasional. 

Meski meminta kepada siapapun yang bertanya untuk menunggu hingga mencapai waktu diumumkan nanti, ia menyatakan pertanyaan Jokowi sebagai hal yang baik. Ia menyebut komunikasi antara Jokowi dan Surya Paloh sesuatu yang positif.

"Rasanya memang perlu makin banyak lagi komunikasi-komunikasi yang terbuka," kata Anies usai menghadiri Indonesia Data and Economic Conference Katadata 2023, di Jakarta Pusat, Kamis (20/7).

Menurut Anies selama ini komunikasi di antara kubu politik yang berbeda pandangan kerap dilihat tidak biasa. Namun ia berpandangan  dialog antara tokoh politik yang digambarkan berbeda pandangan itu merupakan hal yang biasa dan bahkan diperlukan dalam berdemokrasi. 

"Kita membutuhkan lebih banyak lagi pertemuan yang menunjukkan bahwa pilihannya boleh beda, tapi dialognya jalan," kata Anies. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkapkan Presiden Joko Widodo menanyakan perihal siapa bakal calon wakil presiden atau bacawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan dalam pemilihan presiden 2024. Menurut Paloh, pertanyaan itu dilontarkan Jokowi saat mengundangnya ke Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (17/7) sore.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...