Top News: Perombakan Indeks LQ45, Investasi Triliunan Masuk Startup RI

Aryo Widhy Wicaksono
22 Juli 2023, 05:55
Karyawati berjalan di depan layar digital yang menampilkan pergerakan IHSG di BEI, Jakarta, Rabu (17/5/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Karyawati berjalan di depan layar digital yang menampilkan pergerakan IHSG di BEI, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan merombak mayor terhadap indeks LQ45 pada Senin (31/7) mendatang. Estimasi pengumuman akan diterbitkan pada pekan depan, sehingga berlaku efektif per penutupan pasar saat perdagangan 31 Juli 2023.

Kabar terbaru menyebutkan saham dua emiten tambang Grup Bakrie diprediksi masuk indeks. Selain itu, saham emiten Grup Salim hingga raksasa rokok juga berpeluang masuk ke dalam indeks elite tersebut.

Saham LQ45 adalah representasi harga saham dari 45 emiten di BEI. Emiten yang dipilih, ditentukan berdasarkan pertimbangan likuiditas tertinggi dan kapitalisasi pasar terbesar, dengan kriteria-kriteria lain yang sudah ditentukan.

Berita mengenai masuknya dua emiten Grup Bakrie ke indeks LQ45 menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Jumat (21/7). Selain itu, terdapat juga artikel mengenai profil usaha Baso A Fung, serta startup Indonesia selama semester I 2023 mendapatkan suntikan modal mencapai triliunan rupiah.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Duo Emiten Grup Bakrie Bakal Masuk LQ45 Gantikan Emiten Grup Emtek

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melakukan perombakan mayor terhadap indeks LQ45 pada 31 Juli mendatang. Estimasi pengumuman akan diterbitkan pada pekan depan dan efektif per penutupan pasar di perdagangan 31 Juli 2023.

“Beberapa saham potensial masuk dan potensi keluar dengan asumsi memperhatikan likuiditas transaksi selama kuartal satu hingga kuartal dua 2023,” jelas IndoPremier Wealth Management dikutip Jumat (21/7).

Teranyar saham duo emiten tambang Grup Bakrie dan Grup Salim hingga emiten raksasa rokok diprediksi akan masuk ke indeks elite tersebut.

Berikut saham potensial yang masuk LQ45:

  • PT Bumi Resources Tbk (BUMI)
  • PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS)
  • PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR)
  • PT Indosat Tbk (ISAT)
  • PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)
  • PT Gudang Garam Tbk (GGRM)

Sementara nama-nama yang berpotensi keluar dari LQ45 antara lain tercantum nama emiten media Grup Emtek beserta sang induk usahanya. Bahkan emiten petrokimia milik konglomerat Prajogo Pangestu juga ikut masuk.

Berikut daftar saham yang potensial keluar dari LQ45:

  • PT Timah Tbk (TINS)
  • PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)
  • PT Surya Citra Media Tbk (SCMA)
  • PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
  • PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
  • PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK)

2. Cara Melaporkan Driver Ojol Gojek, Grab, Maxim Bawa Kabur Barang

Pengguna Gojek, Grab, dan Maxim bisa menggunakan layanan pengiriman barang baik secara langsung maupun yang dibeli di e-commerce. Apa yang bisa dilakukan jika pengemudi taksi maupun ojek online alias ojol membawa kabur barang tersebut?

Baru-baru ini, viral di media sosial driver ojek online atau ojol Grab membawa kabur laptop milik konsumen di Tokopedia. Head Corporate & Policy Communications Grab Indonesia, Dewi Nuraini, mengatakan Grab memutus hubungan kemitraan atau blacklist mitra terkait kode etik.

Pemutusan hubungan kemitraan terjadi setelah pertemuan antara mitra pengemudi dengan konsumen pada Selasa (19/7). Perwakilan Grab Indonesia turut hadir sebagai saksi.

“Mitra yang telah masuk dalam daftar hitam tidak dapat lagi bermitra dengan Grab Indonesia,” kata Dewi kepada Katadata.co.id, Kamis (20/7).

Simak cara melaporkan driver ojol jika mereka membawa kabur barang pesanan Anda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...