Survei Indikator: Pemilih Muda Pilih Prabowo, Anies Dipilih Usia Jompo

Ira Guslina Sufa
23 Juli 2023, 19:57
Survei
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Petugas mengenakan kostum maskot pemilu saat Kirab Pemilu di Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (24/6/2023).

Survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia menunjukkan Prabowo Subianto menjadi calon presiden yang lebih disukai pemilih muda yang berusia di bawah 26 tahun atau dikenal sebagai generasi Z. Berbeda dengan Prabowo, dua calon presiden lainnya yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo lebih disukai oleh pemilih yang lebih tua. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indikator pada 20-24 Juni 2023 di kalangan pemilih muda atau Gen Z yang disurvei Prabowo dipilih oleh 40,5 % responden, diikuti Ganjar yang dipilih 35,5%. Sedangkan Anies dipilih oleh 22% responden dari kelompok gen Z. 

Pada kelompok millennials atau berusia 27-42 tahun Prabowo kembali unggul dengan perolehan 37,1% diikuti Ganjar dengan 34,8% suara dan Anies dengan 21,9%. Ganjar baru unggul pada pemilih usia 43-58 tahun atau Gen X dengan 39,8% suara. Di urutan kedua ada Prabowo dengan 30,2% dan Anies 23,4%. 

Merujuk survei Indikator Anies punya ceruk pemilih sendiri yaitu kelompok usia lanjut dengan usia di atas 80%. Pada kelompok usia ini Anies meraup 53,9% suara, diikuti Prabowo dengan 30,2% suara dan Ganjar dengan 16,9% suara. 

Pada pemilih dari kelompok Baby Boomer atau berusia 59-79 tahun Prabowo kembali unggul dengan keterpilihan 41,3%. Di posisi kedua ada Ganjar Pranowo dengan 31,3% suara dan Anies dengan 14,2 % suara. 

"Prabowo unggul pada basis Gen Z dan Baby Boomers, Ganjar unggul pada basis Gen X, dan pada basis Millenials Ganjar dan Prabowo relatif berimbang," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi dalam paparan survei, Minggu (23/7). 

Menurut Burhanuddin peningkatan dukungan terhadap Prabowo kemungkinan besar terasosiasi dengan persepsi mayoritas warga yang setuju bahwa pemimpin selanjutnya harus sejalan dengan Presiden Joko Widodo. Dia menyebut Prabowo cukup besar dipersepsikan sebagai capres yang mampu melanjutkan kerja pemerintahan Joko Widodo, terutama dari basis lama di Pilpres 2019.

Selain Prabowo capres lain yang dinilai memiliki asosiasi yang kuat dengan Jokowi adalah Ganjar Pranowo. Ganjar diyakini akan melanjutkan program Jokowi sehingga pemilih Jokowi-Ma;ruf Amin pada pemilu 2019 cenderung memilih Ganjar. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...