Lantik 833 Perwira TNI dan Polri, Jokowi Ingatkan Ancaman Teknologi

Andi M. Arief
26 Juli 2023, 11:55
tni, polri, jokowi
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat melantik perwira TNI dan Polri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo hari ini melantik perwira TNI dan Polri di halaman utama Istana Negara. Ada 833 perwira muda TNI dan Polri yang resmi dilantik Presiden.

Dalam arahannya, Jokowi memberikan dua pesan kepada para perwira muda dari TNI dan Polri. Mereka juga diminta setia melayani masyarakat selalu siap menjadi pemersatu bangsa.

"Tugas saudara-saudara tidak mudah. Tidak mudah menjaga stabilitas keamanan negara, menjaga tegaknya NKRI, dan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (26/7).

Dua pesan yang diberikan yakni terkait teknologi dan komunikasi. Jokowi secara khusus mengingatkan para perwira muda untuk terus mengamati perubahan teknologi secara global. Menurutnya, perubahan teknologi dewasa ini harus disikapi secara tepat dan cepat.

Pasalnya, perubahan teknologi juga akan mempengaruhi perubahan di dunia kemiliteran dan kepolisian. Oleh karena itu, Jokowi menugaskan para perwira terus berinovasi.

"Siapkan diri terhadap ancaman yang juga menggunakan teknologi," katanya.

Di samping itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan para perwira muda untuk meningkatkan sinergi, komunikasi, dan interaksi untuk memecahkan masalah bersama. 

Terakhir, Jokowi mengingatkan para perwira muda untuk bertugas dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, Jokowi memerintahkan para perwira muda harus tegak lurus dengan konstitusi dan aturan.

"Buatlah orang tuamu bangga, bangsamu bangga. Kehormatan bangsa dan negara kini di pundak kalian semuanya," kata Jokowi.

Sebagai informasi, sebanyak 268 orang merupakan perwira Polri, sedangkan 565 orang yang dilantik merupakan perwira TNI. Secara rinci, Jokowi melantik 357 perwira TNI Angkatan Darat, 114 perwira TNI Angkatan Udara, dan 94 perwira TNI Angkatan Laut.

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...