Demokrat Tepis Kabar Pertemuan Anies - Susi Bicarakan Posisi Cawapres

Ade Rosman
26 Juli 2023, 15:17
demokrat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) berjalan bersama Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan kedua (kiri) saat akan melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Partai Demokrat menepis kabar yang menyebut pertemuan Anies Baswedan dan Susi Pudjiastuti salah satunya membahas mengenai posisi calon wakil presiden. Deputi Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut pertemuan antara Anies dan Susi hanyalah pertemuan biasa membahas berbagai isu kebangsaan. 

"Kami menilai ini pertemuan yang positif. Tak ada kaitan dengan wacana cawapres," kata Kamhar saat dihubungi, Rabu (26/7).

Kamhar mengatakan publik harus memahami bahwa tak semua pertemuan antara Anies dengan tokoh nasional bermakna pembahasan cawapres. Terlebih, kata Kamhar, Anies dan Susi memiliki hubungan yang baik dan pernah bersama-sama berada di kabinet pemerintahan Joko Widodo. 

Pada periode pertama pemerintahan Jokowi, Anies menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan Susi menjabat Menteri Perikanan dan Kelautan. 

"Keduanya adalah Anggota Kabinet yang memiliki popularitas tinggi pada masa itu," kata Kamhar.

Saat ini, Anies telah mengantongi dukungan dari Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Kamhar menyebut pembahasan cawapres pendamping Anies telah saat ini telah rampung dan kini menunggu diumumkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Terkait Cawapres sudah ada satu nama di kantong Mas Anies dan hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk dideklarasikan. Pembahasan tentang ini sudah selesai," kata Kamhar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...